Pembukaan Gala Desa di Bangka Tengah Berlangsung Meriah

Minggu, 20 Oktober 2019

DEKANDIDAT.COM – Masyarakat Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (19/10) malam, tumpah ruah ke alun-alun By Pass Koba, untuk menyaksikan pembukaan Gala Desa yang merupakan salah satu unggulan Deputi III Kemenpora yang diselenggarakan begitu meriah.

Gala Desa yang dihadiri Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dan Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, tak hanya menyuguhkan atraksi olahraga seperti pencak silat. Akan tetapi seni budaya setempat seperti tari-tarian, paduan suara, marching band, serta defile peserta yang melibatkan ribuan orang dari enam kecamatan, membuat suasana semakin semarak.

Gala Desa di Bangka Tengah hanya mempertandingkan empat cabang olahraga, yakni voli (diikuti 39 tim), bulutangkis, tenis meja, dan sepakbola (U-17 dan veteran).

Ibnu Saleh sangat bangga karena daerahnya diberi kepercayaan oleh Kemenpora untuk menghelat ajang Gala Desa untuk yang ketiga kalinya, sekaligus menjadi satu-satunya Kabupaten di Bangka Belitung yang menyekenggarakan ajang tersebut di tahun 2019 ini.

“Semoga dengan kepercayaan yang diberikan oleh Kemenpora ini. Ke depannya akan lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bersifat olahraga dihelat di Bangka Tengah ini,” ucapnya.

Dia menambahkan, pihaknya tidak hanya akan menyelenggarakan olahraga yang bersifat umum seperti bulutangkis, sepakbola dan lainnya. Akan tetapi akan menyelenggarakan olahraga tradisional seperti permainan gasing.

“Kita akan mengembangkan olahraga tradisional. Insha Allah bulan depan kita akan menyelenggarakan Gasing Bupati Cup,” bebernya.

Sementara itu Raden Isnanta sangat mengapresiasi segenap kerja keras dari semua pihak di Kabupaten Bangka Tengah untuk menggelar Gala Desa yang spektakuler.

“Ini menjadi perhelatan pembukaan Gala Desa terbaik yang sangat spektakuler di mana semua unsur ada disini, tidak hanya dari segi olahraganya, namun semua aspek hingga UMKM pun hadir di Alun-alun By Pass Koba ini,” tukas Raden Isnanta.

Selain acara pembukaan, yang lebih istimewanya lagi lanjut Isnanta, adalah “mengularnya” jumlah peserta saat defile.

“Itu menunjukkan bahwa ajang ini diikuti oleh banyak peserta dari keempat cabor yang dipertandingkan, sehingga dari sisi partisipasi masyarakat menarik, semoga dengan penyuguhan acara pembukaan yang menampilkan banyak sektor mampu memberikan semangat baru bagi para atlet dalam bertanding nantinya,” tambahnya.

Pria asal Kulon Progo itu juga mengatakan jika dari Provinsi Bangka Belitung yang didalamnya terdapat Kabupaten Bangka tengah, telah menjadi pemasok atlet-atlet andal dikancah nasional maupun internasional.

“Semoga dengan hadirnya Gala Desa ini semakin memberikan ruang yang luas kepada para bibit unggul untuk menunjukkan kemampuannya dipentas yang lebih tinggi, karena tanpa adanya kompetisi seperti ajang ini, jangan-jangan potensi mereka tidak terpantau, sehingga melalui Gala Desa akan kita potret olahragawan-olahragawan muda untuk terus kami asah dan kembangkan kemampuannya melalui KONI daerah,” pungkasnya.

kinoy jackson