Disorot Dunia, DPD Berharap Pelantikan Presiden Berlangsung Lancar

Jumat, 18 Oktober 2019

DEKANDIDAT.COM – Tak ingin citra Indonesia tercoreng di mata dunia, pelantikan Jokowi dan KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden RI, berlangsung lancar. Demikian harapan Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono.

“Pelantikan Jokowi dan KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih akan dihadiri sekitar 20 kepala negara atau perwakilan negara sahabat. Media internasional juga pasti akan memberitakannya. Karenanya pelantikan nanti diharapkan berlangsung lancar,” ujar Nono Sampono, Jumat (18/10), di Jakarta.

Seperti diberitakan, sebanyak 20 kepala negara atau perwakilan dari negara-negara sahabat akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Minggu (20/10) siang.

Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, mantan calon presiden Prabowo Subianto dan mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno juga akan hadir.

“Dengan kehadiran para tokoh dunia serta tokoh bangsa menunjukan posisi Indonesia sangat strategis di mata dunia Internasional dan bangsa ini semakin solid. Momentum ini menjadi penambah vitamin dan energi bagi Jokowi dalam menjalankan periode kepemimpinannya yang kedua,” lanjutnya.

Disingung soal menteri, Nono Sampono menegaskan, itu hak prerogatif Jokowi. “Presiden Jokowi pasti sudah mempertimbangankan secara matang calon menterinya, misalnya soal integritas, kompetensi, serta proporsionalitas (politisi dan profesional).

“Presiden Jokowi juga perlu mempertimbangkan sosok menteri untuk mewakili daerah, khususnya dari kawasan timur yang memang butuh sentuhan lebih.”

Senator asal Maluku ini meminta doa dan menghimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi mensukseskan acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih sehingga dapat berjalan dengan khidmat dan lancar.

kinoy jackson