Peserta Gowes Nusantara Demak, Membludak

Minggu, 13 Oktober 2019

DEKANDIDAT.COM – Gowes Nusantara 2019 yang berlangsung di Kabupaten Demak, sukses luar biasa. Dari target 3.000 orang, peserta yang ikut ambil bagian Minggu (13/10) pagi, di Lapangan Pancasila, mencapai 7.000 orang alias membludak.

“Tahun sebelumnya, Sepeda Nusantara 2018 di Demak, hanya diikuti sekitar 2.500 peserta. Kini peserta membludak hingga 7.000 peserta,” tukas Bupati Demak, Muhammad Natsir.

Dia pun menyambut antusias pelaksanaan Gowes Nusantara untuk kedua kalinya ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat strategis untuk mengajak masyarakat berolahraga.

”Saya menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang kembali memberikan kesempatan dan kepercaaan kepada Kabupaten Demak untuk menggelar Gowes Nusantara untuk kedua kalinya. Kalau bisa Demak diberi kesempatan setiap tahun,” kata Natsir.

Dia pun menjelaskan, masyarakat Demak memang semakin gemar berolahraga, bukan saja di sektor anak-anak, remaja dan dewasa namun lanjut usia pun gemar berolahraga.

“Ini membuktikan kesadaran warga Demak untuk mendambakan hidup sehat sangat tinggi. Dengan tingkat kebugaran masyarakat Demak yang mulai membaik tentu akan berdampak pula pada proses pembangunan di Kabupaten Demak.Makanya dalam Gowes Nusantara tahun ini diambil tema ”Guyub Rukun Mbangun Demak,” tambahnya.

Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Aris Subiono mengatakan, tingginya minat masyarakat mengikuti Gowes Nusantara, membuktikan masyarakat Demak sudah memiliki tingkat kesadaran betapa pentingnya olahraga sebagai gaya hidup dalam upaya menunjang kebugaran.

”Gowes Nusantara sebagai salah satu program Kemenpora dalam upaya meningkatkan kebugaran pada diri masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Kemenpora selalu mendorong lahirnya manusia-manusia unggulan, baik dari fisiknya maupun mental seperti yang tertuang dalam Nawa Cita pembangunan nasional yang digagas oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Aris.

Lebih lanjut Aris menyebutkan jika tingkat kebugaran masyarakat Indonesia pada tahun 2018 lalu baru mencapai di angka 30 persen, sehingga diharapkannya pada tahun ini akan meningkat menjadi 40 persen.

kinoy jackson