LSI: Kuasai AMPG Bukan Jaminan Bakal Menangkan Munaslub Golkar

Rabu, 4 September 2019

DEKANDIDAT.COM – Siapa pun yang mampu menguasai Aliansi Muda Partai Golkar (AMPG) bukan jaminan akan menjadi pemenang pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar yang rencananya akan digelar Desember mendatang.

Hal demikian dilontarkan peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfarabi, Rabu (4/9) siang, di Jakarta.

“Dinamika yang terjadi di AMPG tidak bisa dijadikan representasi kekuatan calon ketua umum Golkar di Munaslub nanti. Karena kekuatan riilnya harus dikalkulasi dari suara DPG Golkar di provinsi dan kabupaten,” ujar Adjie.

Diakuinya, gejolak yang terjadi di AMPG memang mampu menarik perhatian publik. “Apa yang terjadi di AMPG hanya terlihat di depan panggung. Tapi gejolak di AMPG tidak representatif kekuatan calon ketum jelang Munaslub.”

Adjie juga ‘melihat’, jelang Munaslub, AMPG sangat terlihat keberpihakannya terhadap calon ketua umum Golkar yang akan maju di Munaslub. Sehingga ada gejolak di internal DPP, antara yang patronnya ke Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.

“Gejolak seperti ini memang bagian dari polarisasi calon ketua umum Golkar. Sangat wajar kalau hal-hal seperti ini muncul menjelang Munaslub,” tegasnya.

Seperti diberitakan,  jelang Munaslub Partai Beringin, gesekan terjadi di tubuh AMPG. Yang terkini, AMPG pro Bambang Soesatyo (Bamsoet), Selasa (3/9) menggelar rapat pleno di Pusat Komando BPPG, Jl Tulodong Bawah 4, Jakarta Selatan.

Salah satu keputusan dari rapat pleno yang dipimpin oleh Wakil Ketua Umum AMPG, Andi Nursyam Halid adalah mencopot Ilham Permana dari posisi Ketua Umum AMPG. Kemudian menunjuk Andi Nursyam Halid sebagai Ketua Umum dan Abdul Aziz sebagai Sekertaris Jenderal PP AMPG.

Menanggapi hal tersebut, Ilham Permana menyebut pihaknya telah menggelar konferensi pers hari ini juga. Sekjen AMPG Mustafa Radja menegaskan AMPG yang tengah berkegiatan di kantor DPP Golkar menyatakan mereka solid di bawah komando Ilham Permana.

“Tadi kita sudah press conference. Solid,” tukas Ilham Permana.

Sebelumnya, Sekjen AMPG Mustafa Radja menyinggung pihak-pihak luar yang juga mengklaim sebagai AMPG. Dia tak mau menyebut pihak tersebut ilegal. Menurutnya, AMPG selalu berada satu barisan dengan Ketum Partai Golkar.

“Kalau ada yang menganggap di luar sana bahwa ada AMPG lain, saya juga agak mengherankan karena saudara-saudara ketahui, AMPG ini organisasi sayap yang inbody, yang taat asas dan tertib, berada di barisan Ketua Umum DPP Partai Golkar,” imbuh Mustofa.

 

kinoy jackson