Susanto Megaranto Dapat Lawan Tangguh di Kejuaraan Dunia Catur

Selasa, 3 September 2019

DEKANDIDAT.COM – Pecatur Indonesia, GM Susanto Megaranto yang akan tampil di Kejuaraaan Dunia ‘The Fide World Cup’, 9 September – 4 Oktober 2019, di Rusia, dipastikan mendapat lawan tangguh dari pecatur tuan rumah, GM Sergey Karjakin (2760).

“Karjakin bukan hanya memiliki elo rating di atas 2.700. Dia merupakan pecatur termuda yang meraih gelar grand master di usia 17 tahun, 7 bulan. Hingga kini rekor tersebut belum terpecahkan,” ujar Ketua Bidang Pembinaan PB Percasi, Kristianus Liem, Selasa (3/9) sore, di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta.

Kris yang juga dipercaya sebagai manajer menyebutkan, yang harus dilakukan Susanto untuk bisa memberikan perlawanan terhadap Karjakin adalah dengan menyiapkan tahap pembukaan.

“Khusus soal tahap pembukaan yang nantinya akan dimainkan Susanto, Ruslan Cherbakov sebagai pelatih, bersama Susanto terus melakukan riset untuk menemukan formulanya,” lanjut Kris.

“Harus ada kejutan yang dilakukan Susanto Megaranto pada tahap pembukaan. Makanya, hasil riset nanti kita akan kembali koordinasikan dengan Ruslan Cherbakov tiga hari sebelum pertandingan. Tujuannya untuk sinkronisasi sehingga strategi bisa diteraplkan dengan baik,” jelasnya.

“Bagaimana pun ada keuntungan yang diraih Susanto dalam pertandingan nati. Secara otomatis, Sergey yang tampil di hadapan publiknya akan terbebani sementara Susanto tampil tanpa beban menghadapi pecatur yang elo ratingnya lebih tinggi dan memiliki nama besar,” tambahnya.

Sementara itu Susanto mengakui kehebatan calon lawannya tersebut. “Sergey Karjakin merupakan pecatur elit dunia, namun saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih hasil terbaik. Saya belajar dari dua kegagalan sebelumnya untuk bisa melangkah ke babak berikutnya,” tukas Susanto Megaranto yang pernah tampil di Kejuaraan Dunia Catur 2007 dan 2011.

Susanto dengan elo rating 2550, saat ini menempati peringkat 447 dunia, lolos ke Piala Dunia 2019, setelah menjadi juara Kawasan Zona 3.3 Asia Timur 2019 di Ulaanbator, Mongolia. Untuk tampil di Piala Dunia 2019 di Rusia, Santo melakukan persiapan dengan mengikuti JAPFA Grandmaster & Woman Grandmaster Tournament 2019 di Yogyakarta pada bulan Juni lalu.

Pada kesempatan tersebut Rachmat Indrajaya dari PT JAPFA menyatakan dukungan penuhnya kepada Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) dengan memberangkatkan GM Susanto Megaranto ke Piala Dunia Catur 2019 sebagai komitmen pihaknya dalam memajukan olahraga catur di Indonesia.

”Dukungan kami terhadap pengembangan catur Indonesia saat ini mencapai titik tertinggi dan bergengsi, yaitu berhasil mengantarkan anak kami, GM Kebanggaan Indonesia Susanto Megaranto ke Piala Dunia,” ujar Rachmat.

Rachmat menambahkan pihak optimis Susanto mampu meraih prestasi di Piala Dunia kali ini, dan berharap mencetak sejarah bagi catur Indonesia dengan lolos ke putaran kedua.

“Melihat dari kerja keras dan latihan Susanto yang telah menaikan ratingnya secara pesat tahun ini,. Tentunya Susanto siap untuk mengukir sejarah Indonesia di turnamen olahraga catur dunia ini,” pungkas Rachmat.

 

kinoy jackson