Irene Raih Perak, Percasi Berharap Kemenpora Lebih Peduli Pada Cabor Catur

Selasa, 18 Juni 2019

DEKANDIDAT.COM – PB Persasi sangat mengapresiasi keberhasilan pecatur putrinya, GMW Irene Kharisma Sukandar (27) meraih medali perak di ajang Kejuaraan Catur Asia (ACCC) di Provinsi Hebei, China, Senin (17/6) kemarin.

“Hasil yang diraih Irene sangat luar biasa. Setelah dua pecatur Indonesia lolos ke Kejuaraan Dunia 2019, GM Susanto Megaranto dan GMW Medina Aulia, kini Irene menorehkan prestasi yang sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia,” ujar Kepala Bidang Pembinaan PB Percasi, Kristianus Liem, Selasa (18/6), di Yogyakarta.

“Mengapa PB Percasi menyebutkan prestasi Irene sangat luar biasa? Karena hingga saat ini, catur menjadi cabang olahraga  (cabor) yang masuk kategori cluster terbawah untuk memperoleh bantuan SEA Games dari Kemenpora. Itu kan membuat Percasi kesulitan untuk menjalankan pelatnas maupun uji coba,” imbuh Kris.

Dia berharap dengan prestasi yang telah dicapai atlet caturnya, pemangku kepentingan olahraga di Tanah Air, seperti Kemenpora, KOI, dan KONI, lebih memberikan perhatian terhadap cabang olahraga catur.

Raih 7 Poin

Di Kejuaraan Asia kali ini, Irene meraih 7 poin kemenangan dari sembilan babak yang dimainkan.
Pecatur cantik bergekar Grand Master Wanita (GMW) dan Master Internasional (MI) ini, terpaut 0,5 poin dari pecatur putri Kazakhstan Dinara Saduakassova yang meraih medali emas dalam kejuaraan tersebut.

Kejuaraan yang berlangsung sejak 6-16 Juni, diikuti oleh 110 pecatur dari 19 negara, di antaranya China selaku tuan rumah, Kazakhstan, India, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Menurut Irene, para pesaing di pertandingan kali ini sangat kompetitif dan memiliki skill yang luar biasa. Namun, berkat kerja keras disertai dukungan dan doa, Irene berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi catur berskala internasional itu.

ACCC merupakan pertandingan catur tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Catur Asia dan merupakan kompetisi paling bergengsi bagi para atlet catur di Asia.

Setelah menyelesaikan rangkaian pertandingan di China, Irene akan mengikuti beberapa kompetisi catur tingkat dunia, di antaranya di Australia dan Swiss.

kinoy jackson