24 Pecatur dari 10 Negara Semarakkan Turnamen JAPFA Grand Master 2019

Kamis, 13 Juni 2019

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Hotel Grand Ina Malioboro Yogyakarta, sebanyak 24 pecatur dati 10 negara ikut ambil bagian pada Turnamen Internasional Grand Master dan Grand Master Wanita JAPFA 2019, 13-22 Juni mendatang.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto menyatakan, turnamen internasional ini terselenggara berkat kerjasama dengan PT JAPFA Comfeed TBK. Salah satu tujuan dari turnamen ini adalah melihat kemampuan para pecatur muda Indonesia untuk bisa mengejar norma grand master maupun norma grand master wanita.

Turnamen ini juga dimanfaatkan untuk persiapan dua pecatur andalan Indonesia, GM Susanto Megaranto dan GMW Medina Warda Aulia jelang Kejuaraan Piala Dunia Catur Putra-Putri edisi 2019 serta 2020.

“Susanto dan Medina yang sebelumnya merebut juara putra-putri zona 3.3 Asia Timur 2019 di Mongolia ditangani pelatih asing GM Ruslan Cherbakov bulan Mei lalu, diharapkan di JAPFA  Internasional kali ini, bisa menunjukkan prestasi terbaiknya,” harap Utut Adianto.

Sementara Corporate Affairs Director PT JAPFA Comfeed Indonesia, Rachmat Indrajaya menambahkan, untuk dua tahun belakangan penyelenggaraan Turnamen JAPFA Internasional tidak lagi berkonsentrasi di Jakarta tapi juga kekota provinsi lain termasuk tahun ini Yogyakarta.

“Setelah di Solo pada 2018 dan kali ini di Yogya, kota lain yang akan dijadikan arena JAPFA adalah Manado, Sulawesi Utara dan Banjarmasin, Kalimantan. Ini dilakukan untuk mendukung program PB Percasi dalam upaya peningkatan kompetisi di sentra kekuatan catur nasional,” tambah Rahmad Indrajaya.

Pembinaan catur nasional tetap menjadi konsentrasi PT JAPFA, ungkap R Arsanti Alif selaku Head of Social Investment and Corporate Communication PT JAPFA Comfeed Indonesia.

“PT JAPFA melalui program CSR Sangat intens bersama Percasi dalam pembinaan catur melalui program JAPFA For Kids termasuk juga mengirim pecatur nasional ke berbagai turnamen internasional,” imbuh Arsanti.

Turnamen Internasional GM-WGM JAPFA 2019 edisi tahun ini, menghadirkan 12 pecatur putra putri dari Rusia, Belanda, Kazakhstan, India, Singapura, Vietnam, Prancis, Georgia, Rumania dan tuan rumah Indonesia.

Turnamen kali ini dibuka resmi dengan pemukulan gong oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto.

kinoy jackson