Yogya Kembali Dipercaya Gelar Turnamen Catur Internasional

Senin, 10 Juni 2019

DEKANDIDAT.COM – Setelah 36 tahun berlalu, Yogyakarta kembali diberi kehormatan menggelar turnamen catur kelas internasional, yakni JAPFA Grand Master dan Women Grand Master Tournament (GM & WGM Tournament), 13-22 Juni mendatang, di Hotel Grand Inna Garuda, Yogyakarta.

“Ini merupakan yang kedua kalinya Yogyakarta menjadi penyelenggara turnamen internasional. Sebelumnya pada 1983, Percasi menggelar Turnamen Catur Piala Ibu Tien Soeharto. Kini Percasi bersama PT Japfa menggelar Kejuaraan Catur JAPFA Grand Master dan Women Grand Master Tournament,” kata Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, Senin (10/6) siang, di Hotel Century Park Senayan, Jakarta.

Di kelompok putri, pecatur luar negeri yang akan ikut ambil bagian adalah IM Sophie Millet(Prancis), WGM Gong Qianyun (Singapura), WGM Keti Tsatsalashvili (Georgia), IM Alina L’ami (Romania), WIM Luong Phuong Hanh (Vietnam), serta WIM Rucha Pujari (India).

Sementara pecatur putri Indonesia yang akan tampil adalah WFM Chelsie Monica Sihite (elo rating 2212), EIM Dewi AA Citra (2205), WFM Umi Fisabililah (2201), WFM Monica Putri (2151), WFM Tammi Nasuha Nurdin (2125), dan WFMBZahra Chumaira (2112). Mereka akan bertanding sebanyak 11 babak memainkan catur klasik.

Di kelompok putra, pecatur asing yang akan bertarung adalah GM Kokarev (Rusia, 2609), GM Ivan Sokolov (Belanda, 2595), GM Rustam Khusunutdinov (Kazakshtan, 2471), GM Rhagunandan Kaumandur Srihari (India, 2442), IM Arghyadip Das (India, 2439), dan IM Ravi Teja (India, 2405).

Sementara Indonesia menurunkan para pecatur seperti, GM Susanto Megaranto(2548), IM Novendra Priasmoro(2457), IM Yoseph Theolifus Taher(2446), FM Azarya Jodi Setyaki(2421), dan WGM Medina Wardah Aulia(2375).

Utut Adianto menjelaskan, kejuaraan ini sebagai kesempatan berkompetisi para pecatur Indonesia dengan para pecatur asal luar negeri ini sangat bermanfaat bagi para pecatur nasional dalam upaya meningkatkan elo rating mereka. Terutama para pecatur yang belum meraih gelar norma Women Grand Master (WGM).

“Minimal mereka harus meraih poin 8 di bagian putri dan 7 poin di kelompok putra. Turnamen ini akan memainkan 11 babak. Selain untuk menaikkan elo rating para pecatur muda, ajang ini juga dimanfaatkan Percasi untuk mempersiapkan dua pecaturnya, GM Susanto Megaranto dan WGM Media Warda Aulia untuk persiapan di kejuaraan Dunia Catur 2019,” ujar Wakil Ketua DPR RI itu menambahkan.

kinoy jackson