Muddai Madang Bidik Posisi Ketua Umum KONI Pusat

Senin, 3 Juni 2019

DEKANDIDAT.COM – Optimis memperoleh dukungan dari 20 cabang olahraga dan 10 KONI daerah, Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Madang membidik posisi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat periode 2019-2023.

“Pertama-tama saya mohon maaf tidak bisa hadir dalam acara pencalonan sebagai Ketua KONI Pusat, karena berada di Mekah untuk melaksanakan ibadah Umroh,” kata Muddai Madang dari Arab Saudi melalui teleconference, Senin (3/6) petang.

“Kedua saya mohon dukungannya khususnya dari stakeholder di PB-PB, juga dari KONI-KONI Provinsi se-Indonesia, mohon dukungan untuk pecalonan saya sebagai Ketua Umum KONI Pusat,” imbuhnya.

“Tentunya pencalonan saya ini sudah kami kaji bersama tim eksekutif KOI, juga dengan beberapa pemangku olahraga di Indonesia, yang diputuskan atau dipercaya saya sebagai calon Ketua Umum KONI. Ini hasil rembukan Komite Olahraga dan Ketua Umum KOI, Pak Erick Thohir,” papar mantan Ketua KONI Sumatera Selatan tersebut.

Soal dukungan, dia belum bisa menyebutkannya saat ini. Yang pasti jika terpilih nanti, dia bertekad mensinergikan KONI dengan dua stakeholder lain seperti KOI dan Kemenpora selaku perwakilan pemerintah.

Sementara untuk persiapan sebagai calon Ketua Umum KONI Pusat, Muddai Madang mengatakan telah menyusun program.

“Ke depan saya berkeinginan agar KONI Pusat dalam aspek pendanaan bisa dilakukan secara transparan dan accountable serta mendorong ke arah kemandirian.”

Sehingga lembaga KONI dan KOI mempunyai alokasi dana khusus untuk menjalankan program organisasinya. Lalu, dalam rangka menumbuhkan cabang olahraga yang mandiri juga diperlukan upaya dengan melibatkan pihak-pihak swasta dan BUMN.

Malam tadi, Muddai mendapat dukungan dari sejumlah cabang olahraga seperti jetski, sepak takraw, kurash, sambo, dan senam.

Sementara itu Juru Bicara Tim Pemenangan Muddai Madang, Raja Parlindungan Pane mengatakan, Muddai mempunyai komitemen yang luar biasa.

“Pak Muddai komitmennya luar biasa, beliau memimpin KONI Sumsel dua periode. Pernah menjadi Ketua Panitia Islamic Solidarity Games, dan pernah menjadi Chief de Mission Indonesia di Asian Beach Games Phuket, Thailand 2014, dan lain sebagainya. Jadi kiprahnya di olahraga tidak diragukan lagi. Ia juga mempunyai misi untuk bersinergi dengan pihak swasta,” kata Raja Pane.

kinoy jackson