LSI: Selisih Hampir 17 Juta Suara, Kubu 02 Sulit Menang di MK

Selasa, 28 Mei 2019

DEKANDIDAT.COM – LSI Denny JA memprediksikan, sepanjang masih tetap mengandalkan link dari media online, kubu Prabowo-Sandi bakal sulit memenangkan gugatan di MK terkait hasil Pipres 2019.

“Jika bukti yang diajukan kubu 02 masih sama, link berita, maka peluang mereka untuk memenangkan gugatan Pilpres di MK bakal sulit,” demikian dikatakan peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, Senin (27/5) malam, di Rawamangun, Jakarta.

Adjie yang tampil sebagai salah satu pembicara saat LSI Denny JA menggelar acara buka puasa bersama para wartawan bertajuk ‘Quick Count Akurat, Silaturahmi Makin Erat, Negara Kuat’, menambahkan, dengan selisih suara yang hampir mencapai 17 juta, kubu Prabowo-Sandi harus menyiapkan bukti yang sangat kuat.

Berdasar data resmi KPU, total suara yang diperoleh pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 85.607.362 atau 55,50 persen. Sedangkan, Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen dengan selisih 16.957.123 suara. Jumlah suara sah yang dihitung KPU adalah 154.257.601.

“Selisih suara hampir 17 juta sangat besar. Karenanya kekuatan bukti 02 yang akan menjadi bahan pertimbangan MK,” tegasnya.

Adjie melihat, setelah 17 April, kubu Prabowo-Sandi membangun narasi tak percaya terhadap MK.

“Sebelumnya mereka membangun narasi tak percaya pada MK. Kini, ketika memutuskan melanjutkan ke MK, mereka tetap menggelorakan aksi masa dan terus membangun opini bahwa ada kecurangan pemilu,” tambahnya.

Sebelumnya Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah mengatakan, pencapaian yang diraih LSI sangat bergantung kerjasama dengan pers.

“Kami tak akan ada apa-apanya tanpa pers,” kata Toto singkat.

kinoy jackson