LSI Nobatkan PDIP dan PKS Sebagai Partai Paling Militan

Kamis, 18 April 2019

DEKANDIDAT.COM – Dari 16 partai politik yang bertarung di Pileg 2019, PDIP dan PKS ‘dinobatkan’ sebagai parpol yang paling militan. Demikian salah satu hasil survei LSI Denny JA yang dilansir Kamis (18/4) siang, di Rawamangun, Jakarta.

“Dibandingkan parpol lain, PDIP dan PKS punya jaringan grassroot yang militansinya lebih kuat,” kata peneliti LSI, Rully Akbar.

Khusus PDIP, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini mempunyai kader-kader militan yang dikenal dengan ‘wong cilik’.

“Di Jawa Tengah, para wong cilik ini siap bergerak dan membantu tanpa pamrih untuk membesarkan partainya,” tambahnya.

Berkat militansi para kadernya itu, PDIP pada Pileg 2019 keluar sebagai juara dengan raihan 19,80 persen. Sementara PKS yang sepekan sebelum pencoblosan berada di zona bahaya, akhirnya lolos ke Senayan karena meraih 8,04 persen.

Ketika ditanya soal elektabilitas PDIP yang merosot lumayan banyak, dari sekitar 25 persen menjadi 19,80 persen, Rully menyebutkan bahwa faktot margin error menjadi salah satu penyebabnya.

“Elektabilitas PDIP beberapa waktu lalu memang sempat menyentuh angka 25 persen. Namun karena faktor margin error dan partai papan tengah seperti PKS, PAN, PPP, dan NasDem, elektabilitas PDIP jadi tergerus lumayan banyak,” sergahnya.

Sementara PKS yang sebelumnya hanya memiliki elektabilitas sekitar 3 persen, mengambil langkah besar melalui kader militan dan para calegnya.

“Hasilnya, PKS menjadi salah satu dari sembilan partai yang lolos melewati ambang batas parlemen sebesar 4 persen.”

kinoy jackson