Susanto – Medina Melenggang ke Piala Dunia Catur 2019

Senin, 15 April 2019

DEKANDIDAT.COM – Kabar gembira datang dari Ulaanbator. Tim Indonesia tampil sebagai juara di Asian Chess Championship Fide Zone 3.3. Keberhasilan ini membuat Indonesia memperoleh tiket ke Piala Dunia Catur 2019 di Rusia, September mendatang, masing-masing melalui WGM Medina Warda Aulia dan GM Susanto Megaranto.

Adalah Chief de Mission Tim Catur Indonesia, R Artsanti Alif, yang menyampaikan kabar gembira ini. “Setelah melalui pertarungan sengit melawan IM Munguntuul Batkhuyag dari Mongolia, pacatur putri kita, WGM Medina Warda Aulia dan GM Susanto Megaranto meraih tiket ke Piala Dunia Catur,” ujar Artsanti dari Ulaanbator.

Di bagian puteri, Medina menutup babak kesembilan dengan  mendapatkan 7 poin. Dia sukses memuncaki klasemen. Namun karena posisi kedua juga memiliki poin yang sama, kepastian siapa yang bakal meraih tiket ke Piala Dunia dipastikan melalui babak play off tambahan selama 15 menit.

Perempuan cantik yang kesehariannya menjabat sebagai Head of Social Investment JAPFA ini mengatakan, Medina akhirnya berhasil merebut tiket menuju Piala Dunia 2019 setelah berhasil melalui pertarungan 3 babak yang menegangkan.

“Dua babak pertama berakhir remis, sedangkan babak terakhir dimenangkan oleh Medina dengan pertandingan yang cukup keras.”

Di kelompok Putra, GM Susanto Megaranto mengamankan posisinya di peringkat pertama setelah mengalahkan IM Bilguun Sumiya, melalui pertandingan alot selama 5 jam.

Sementara itu menurut Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem, meskipun usia pecatur Mongolia masih relatif muda, namun mereka dinilai merupakan lawan tanding yang kuat.

“Medina dan Susanto menang di Armagedon, pertandingan keras yang dilampaui oleh pecatur

Indonesia. Sejarah baru tercipta di Ulaanbatar, Indonesia berhasil mendapatkan dua tiket menuju Piala Dunia Catur 2019 di Rusia,” kata Kries yang menyebutkan untuk meraih kedua tiket tersebit, para pecatur harus bertarunh dari sembilan hari.

“Hasil pertandingan Zona 3.3 menunjukkan kualitas terbaik tim catur Indonesia,” tegas Kristianus Liem.

“Terimakasih kepada JAPFA karena telah memberikan kesempatan kepada PB Percasi untuk mengirimkan pecatur terbaiknya ke Zona 3.3 dan Tiket menuju Piala Dunia Catur 2019 bisa didapatkan Indonesia atas nama GM Susanto Megaranto dan WGM Aulia Medina,” tukasnya.

kinoy jackson