LSI Prediksikan 5 Parpol Pasti Lolos ke Senayan

Jumat, 5 April 2019

DEKANDIDAT.COM – Pilpres dan Pemilu 2019 tinggal 12 hari lagi. LSI Denny JA memprediksikan baru lima partai politik yang dipastikan melenggang ke Senayan, yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, dan Partai Demokrat.

“Dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019, baru lima parpol yang lolos ke Senayan karena meraih Parliamentary Threshold (PT) di atas 4 persen, yakni PDIP (24,6 persen), Gerindra (13,4 persen), Golkar (11,8 persen), PKB (5,9 persen), dan Demokrat (5,8 persen),” kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, Jumat (5/4) siang, di Rawamangun, Jakarta.

“Partai-partai sangat potensial lolos PT 4 persen, sejauh para caleg dari masing-masing partai tetap terjaga seperti sebelumnya,” ujarnya mengingatkan.

Survei dilakukan pada tanggal 18 – 26 Maret 2019, mengangkat tajuk ‘Pengaruh Caleg Menentukan Posisi Partai Politik, melibatkan 1.200 responden. Survei dilakukan di 34 Propinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Margin of error survei ini adalah 2.8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualita1f dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Tingginya elektabilitas PDIP dan Gerindra disebabkan karena hanya kedua parpol ini yang mempunyai calon Presiden. PDIP melalui Jokowi, sementara Gerindra mengandalkan Prabowo Subianto.

Ada pun lima partai yang posisinya masih abu-abu, berpeluang lolos PT adalah PKS (3,9 persen), Perindo (3,9 persen), PAN (3,1 persen), PPP (2,9 persen), dan NasDem (2,5 persen).

“Dengan margin error sebesar 2,9 persen, kelima partai masih punya peluang lolos PT. Semuanya sangat tergantung pada kelima partai ini memanfaatkan waktu yang tersisa kurang dari dua minggu untuk menarik minta pemilih.”

Sementara enam parpol lainnya perlu langkah big bang untuk lolos ke Senayan adalah Hanura (0,9 persen), Partai Berkarya (0,7 persen), PBB (0,2 persen), PSI (0,2 persen), dan Partai Garuda (0,1 persen).

kinoy jackson