LSI: Jokowi-Ma’ruf di Ambang Kemenangan

Selasa, 2 April 2019

DEKANDIDAT.COM – Pilpres 2019 tinggal 15 hari lagi. Survei terkini LSI Denny JA yang dirilis Selasa (2/4) sore, di Rawamangun, Jakarta, menyebutkan pasangan Jokowi-Ma’ruf di ambang kemenangan.

“Dengan waktu yang tersisa 15 hari lagi, saat ini pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul telak daripada pasangan Prabowo-Sandi. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dalam kisaran 56,8 sampai dengan 63,2 persen, sementara elektabilitas Prabowo-Sandi sekitar 36,8 sampai dengan 43,2 persen,” kata peneliti senior LSI Denny JA, Ardian Sopa.

Survei LSI dilakukan dengan metode multistage random sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara tatap muka rumah menggunakan kuesioner wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Survei diikuti 1.200 responden di 34 provinsi sejak tanggal 18-26 Maret dengan margin of error 2,8 persen. Survei kali ini mengangkat tajuk “Jokowi di Ambang Dua Periode?”.

Mengacu pada hasil survei itu, LSI berkesimpulan pasangan nomor urut 01 akan terpilih kembali menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019- 2024.

“Jokowi potensial terpilih dalam Pilpres 2019 dengan kemenangan selisih dua digit,” katanya.

Ardian menjelaskan, tampilan angka elektabilitas masing-masing pasangan calon dibuat dalam bentuk range elektabilitas karena LSI telah memperhitungkan angka elektabilitas masing-masing capres dengan margin of error survei dan asumsi golput yang terjadi secara proporsional.

“Kalkulasi ini dilakukan karena pilpres tinggal 16 hari lagi. Diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin of error survei dan asumsi golput,” tambahnya.

Ditambahkan, pasangan Jokowi-Ma’ruf hampir merata unggul di semua kantong pemilih. Misalnya di kalangan pemilih laki-laki, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan range dukungan 54,8 persen – 61,2 persen, unggul dari Prabowo-Sandi (38,8 persen – 45,2 persen).

Begitu juga kalangan pemilih perempuan. Keunggulan Jokowi-Ma’ruf lebih besar dibandingkan segmen pemilih laki-laki. Di pemilih perempuan, Jokowi-Ma’ruf berada pada range 58,8 persen – 65,2 persen, sementara Prabowo-Sandi (34,8 persen – 41,2 persen).

“Untuk segmen agama, Jokowi-Ma’ruf masih unggul di pemilih muslim dan unggul telak di pemilih minoritas. Di pemilih muslim, range dukungan Jokowi-Ma’ruf sebesar 55 persen sampai dengan 61,4 persen, sementara Prabowo-Sandi mendapat dukungan sebesar 38,6 persen sampai dengan 45 persen.

“Di pemilih minoritas, dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf sebesar 74,5 persen sampai dengan 80,9 persen, unggul sangat telak dari Prabowo-Sandi yang hanya mendapat dukungan sekitar 19,1 persen sampai dengan 25,5 persen.” tuturnya.