LSI: Debat Terakhir Sebaiknya Memberikan Kesejukkan Buat Rakyat

Selasa, 2 April 2019

DEKANDIDAT.COM – LSI Denny JA menilai, Debat Pilpres 2019 sangat kecil sekali dnomor urut ampaknya terhadap elektabilitas kedua pasangan yang bertarung. Namun untuk debat pilpres kelima, diharapkan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi memberi kesejukan kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Debat Pilpres memang sangat kecil pengaruhnya terhadap elektabilitas capres-cawapres yang bertarung. Kendati demikian, LSI berharap pada debat kelima atau ronde terakhir, mereka bisa memberi kesejukan kepada seluruh rakyat Indonesia,” ujar peneliti senior LSI Denny JA, Ardian Sopa.

Menurutnya, yang paling penting disampaikan kedua pasangan pada debat terakhir adalah mengingatkan pentingnya satu suara pada Pilpres 2019 yang akan dilaksanakan 19 April.

“Baik Jokow-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi harus mengingatkan kepada rakyat Indonesia pentingnya 1 suara. Mereka harus mengajak semua pemilih untuk mencoblos pada 19 April nanti,” ujarnya menambahkan.

Debat Pilpres, kata Ardian, hanya berpengaruh pada pemilih yang belum menentukan sikap. Sementara untuk pemilih yang sudah mempunyai pilihan, mereka tak akan terpengaruh pada pihak lawan.

“Mereka yang pro pada capres-cawapres nomor urut 01, tak akan bergeming dengan pilihannya. Begitu juga dengan mereka yang pro pada capres-cawapres nomor urut 02. Debat capres hanya akan mempengaruhi para pemilih yang belum memiliki pilihan.”

Survei LSI dilakukan pada tanggal 18 – 26 Maret 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode mulistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson