Siapapun Presidennya, Target Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade Harus Diperjuangkan

Sabtu, 30 Maret 2019

DEKANDIDAT.COM – Siapa pun presidennya, target Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 harus diperjuangkan. Tegas Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, Jumat, di Senayan City, Jakarta.

“Sejak beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi telah mengatakan harapannya untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Karenanya siapa pun nanti presidennya, harus memperjuangkan ambisi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpade 2032,” kata Erick.

Menurutnya, apa yang telah dicanangkan oleh presiden sebelumnya harus berjalan berkesinambungan. Jangan karena ganti presiden, apa yang sudah ditargetkan, langsung putus di tengah jalan.

Erick pun mengatakan, Jokowi membuktikan dengan melanjutkan sejumlah program yang telah ada di era pemerintahan SBY.

“harus ada kebijakan politik dari semua elemen pemerintahan. Saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, yang menandatangani perjanjian kesiapan dan kesanggupan untuk menerima tanggungjawab tersebut adalah Presiden SBY. Namun ketika Jokowi menjadi presiden, tanggung jawab dan komitmen tersebut diambil alih.”

”Itu yang ideal dalam sebuah pemerintahan. Harus dibuang jauh-jauh ego sektoral demi kepentingan yang lebih besar. Apalagi menyangkut nama baik bangsa dan negara,” tegasnya.

Penentuan tuan rumah Olimpiade 2032, akan dilakukan saat berlangsungnya Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

“Kalau nanti kita dipercaya menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, bukan saya lagi yang akan mengemban tugas itu.”

Sebelumnya, Indonesia dinilai sukses menggelar even terbesar di Asia, yakni Asian Games dan Asian Para Games 2018, di Jakarta.

kinoy jackson