Filipina Mundur, Indonesia Siap Gelar SEA Games 2019

Sabtu, 30 Maret 2019

DEKANDIDAT.COM – Jika Filipina mengundurkan diri sebagai tuan rumah SEA Games 2019, Indonesia siap menggantikannya. Begitu kata Ketua KOI, Erick Thohir, Jumat (29/3) malam, di Senayan City, Jakarta.

SEA Games 2019 di Filipina, rencananya digelar pada 30 November – 11 Desember, mempertandingkan 56 cabang olahraga. Even terbesar di Asia Tenggara ini, akan diikuti 11 negara.

“KOI tak bisa menyatakan siap menggelar SEA Games 2019. Selain harus menunggu kepastian Filipina menyatakan tak sanggup menggelar even ini, yang paling berwenang menentukan adalah pemerintah Indonesia,” kata Erick kepada pers.

Dia mencontohkan ketika Indonesia akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 menyusuk mundurnya Vietnam.

”KOI dalam hal ini hanya menjadi koordinasi lintas NOC sesama negara anggota SEA Games. Sekali lagi, keputusan akhir ada di tangan pemerintah,” imbuhnya.

Isu Filipina mundur dari tuan rumah SEA Games 2019 berawal dari pemberitaan Daily Tribune. Media ini memberitakan bahwa Southeast Asian Games Federation sedang memonitor situasi Filipina. Kurangnya pendanaan dan perselisihan pengurus Komite Olimpiade Filipina disebut-sebut sebagai penyebab mundurnya Filipina. Masih dari media ini, Indonesia lantas diberitakan sebagai calon pengganti tuan rumah.

Namun Panitia penyelenggara SEA Games 2019 (PHISGOC), memastikan Filipina tetap siap menjadi tuan rumah meski ada pemotongan anggaran. Meskipun anggaran yang diajukan untuk menghelat even ini dipangkas 33 persen, dari 7,5 miliar peso (setara Rp 2,02 triliun) menjadi 5 miliar peso, mereka tetap siap menjadi tuan rumah.

Ketua PHISGOC, Alan Peter Cayetano, memastikan rumor mundurnya Filipina tidak benar. “Tidak ada keraguan bahwa kami tetap melakukan persiapan dan kami akan menggelar SEA Games ke-30,” ucap Cayetano.

kinoy jackson