LSI: Kalau Pilpres Dilaksanakan Sekarang, Jokowi-Ma’ruf Pemenangnya

Selasa, 5 Maret 2019

DEKANDIDAT.COM – Bila Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dipastikantampil sebagai pemenang. Berdasarkan survei terkini LSI Denny JA yang dilansir Selasa (5/3) siang, di Jakarta, pasangan petahana meraih 58,7 persen suara, unggul jauh dari Prabowo-Sandi yang hanya meraih 30.9 persen suara.

“Kalau Pilpres dilaksanakan hari ini, pasangan Jokowi-Ma’ruf pemenangnya. Pasangan petahana masih unggul dua digit atau semakin jauh meninggalkan pesaingnya. Sementara pemilih yang belum mengambil keputusan sebanyak 9,9 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa.

Pada rilis yang mengangkat tajuk ‘Pergeseran Pemilih Muslim dan Minoritas Selama 6 Bulan Kampanye’, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mengalami kenaikkan.

“Jika pada Januari 2019, elektabilitasnya berada di level 54,8 persen, maka pada Februari ini mengalami peningkatan yang lumayan banyak, menjadi 58,7 persen.”

Sebaliknya yang dialami pasangan Prabowo-Sandi. Pada Januari, pasangan ini elektabilitasnya menurun. Januari, pasangan ini elektabilitasnya berada di level 31,0 persen. Namun menurun menjadi 30,09 persen pada Februari.

Sopa menambahkan, Jokowi-Ma’ruf unggul di pemilih muslim. Di kantong Pemilih Muslim, sebanyak 55.7 persen memilih Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 33.6 persen memilih Prabowo-Sandi. Sebanyak 0.7 persen suara tidak sah, dan 10 persen menyatakan rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab.

Masih di kantong Pemilih Muslim, Jokowi-Ma’ruf unggul di pemilih yang menilai ekonomi baik. Prabowo-Sandi unggul di segmen Pemilih Muslim yang menilai Ekonomi Buruk.

“Di Pemilih Muslim yang menilai kondisi ekonomi baik, Jokowi-Amin unggul didukung sebanyak 67.1 persen, Prabowo-Sandi didukung 23.8 persen. Di Pemilih Muslim yang menilai kondisi ekonomi buruk, Prabowo-Sandi unggul didukung sebanyak 63.7 persen, Jokowi-Amin didukung 26.3 persen.”

Sementara di kantong Pemilih Minoritas, Jokowi-Ma’ruf unggul telak. Sebanyak 80.3 persen Pemilih Minoritas memilih Jokowi-Amin, 11.6 persen memilih Prabowo-Sandi, sebanyak 0.7 persen suara tidak sah, dan 10 persen rahasia/belum memutuskan.

Selisih kemenangan Jokowi-Amin Jauh lebih besar di segmen Pemilih Minoritas dibandingkan di Pemilih Muslim.

Survei dilakukan pada tanggal 18 – 25 Februari 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Margin of error survei ini adalah 2.9%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson