LSI: Perindo Mulai Menggeliat, Ungguli Partai Lama

Rabu, 20 Februari 2019

DEKANDIDAT.COM – Meskipun pendatang baru, Perindo bukan hanya mengungguli partai baru lainnya. Berdasarkan survei terkini LSI Denny JA, partai bentukan Hari Tanoesudibjo ini, telah mengancam kenyamanan sejumlah partai lama di Pemilu 2019.

“Dua bulan menjelang Pemilu 2019, Perindo mulai menggeliat. Selain ketokohan Hari Tanoe sebagai pimpinan partai, Perindo juga mempunyai jaringan yang rapi, seperti partai lama,” tukas peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, Rabu (20/2) siang, di Rawamangun, Jakarta.

Kali ini, LSI memberi tajuk surveinya, ‘Dukungan Partai dan Pergeseran di Enam Kantong Suara’. Adapun enam kantong suara yang disurvei adalah Pemilih Muslim, Pemilih Minoritas, Pemilih Milenial, Pemilih Wong Cilik, Pemilih Emak-Emak, dan Pemilih Terpelajar.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 18-25 Januari 2019, dengan menggunakan 1.200 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuisioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen.

“Dibandingkan partai baru lainnya, seperti PSI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya, jaringan Partai Perindo sangat rapi. Perindo membentuk kepengurusan partainya dari mulai DPP, DPD, DPC, sampai ke ranting. Apa yang dibuat Perindo seperti yang ada di partai lama,” ujar Rully.

“Di segmen Pemilih Muslim, Perindo meraih 3,4 persen, memimpin di antara partai lama. Perindo juga mengungguli partai lama seperti Hanura, PAN, PBB, dan PKPI.”

Untuk kantong suara Pemilih Milenial, Perindo membuat kejutan dengan meraih 5,2 persen, mengungguli partai lama, yakni Nasdem (4,8 persen), PKS (4,6 persen), PPP (3,5 persen), dan PAN (1,7 persen). Perindo berada di posisi kelima.

“Di kantong suara Pemilih Milenial, Perindo kalah dari PDIP (20,1 persen), Gerindra (16,2 persen), Golkar (9,7 persen), dan Demokrat (7,2 persen),” imbuh Rully.

Di empat kantong pemilih lainnya, Perindo meraih 1,2 persen di kantong Pemilih Minoritas, meraih 2,6 persen di kantong Pemilih Wong Cilik, meraih 2,6 persen suara di kantong Pemilik Emak-Emaka, dan meraih 2,8 persen di kantong Pemilih Terpelajar.

kinoy jackson