LSI: Jokowi-Ma’ruf Unggul Sangat Telak di Kalangan Pemilih Minoritas Bukan Karena Ahok

Jumat, 8 Februari 2019

DEKANDIDAT.COM – Survei terkini LSI Denny JA menyebutkan, pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf mencatat kemenangan telak atas Prabowo-Sandi di kantong suara pemilih minoritas. Namun hal itu terjadi bukan karena peranan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) yang baru bebas dari penjara.

Hal demikian dikatakan peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat merilis survei terkini bertajuk ‘Pergeseran Dukungan Pilpres di Enam Kantong Suara’, kemarin, di Rawamangun, Jakarta.

“Survei LSI menyebutkan, dukungan pemilih minoritas yang jumlahnya sekitar 15 persen, Jokowi-Ma’ruf mendapat dukungan 86,5 persen. Sementara Prabowo-Sandi tertinggal sangat jauh, sebesar 4,7 persen, sedangkan 8,8 persen pemilih minoritas masih belum menentukan pilihan,” kata Adjie Al Faraby.

“Namun yang pasti, ini bukan karena Ahok. Karena sebelum Ahok bebas, dukungan kalangan minoritas teradap Jokowi-Ma’ruf sudah sangat tinggi,” tegasnya.

Adjie menjabarkan, sejak September 2018 dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf di kalangan minoritas melonjak.

“Selain karena kemampuan Jokowi-Ma’ruf meyakinkan pemilih minoritas, dukungan PA 212 kepada pasangan Prabowo-Sandi menjadi trade off bagi pemilih minoritas untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf,” ujarnya.

Membahayakan Jokowi

Adjie bahkan menilai, Jokowi-Ma’ruf harus berpikir matang kalau ingin melibatkan Ahok dalam kampanyenya. Bukan tidak mungkin, keikutsertaan mantan gubernur DKI Jakarta itu membantu Jokowi berkampanye akan menjadi bumerang dan membahayakan Jokowi.

“Biarkan saja Ahok seperti sekarang. Tak perlu diikutsertakan berkampanye. Toh publik sudah tahu kalau Ahok mendukung Jokowi,” tegasnya.

Survei dilakukan pada tanggal 18 – 25 Januari 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson