LSI: Pilpres Tinggal 69 Hari, Jokowi-Ma’ruf Masih Unggul 5-1

Kamis, 7 Februari 2019

DEKANDIDAT.COM – Pilpres 2019 tinggal tersisa 69 hari lagi. Berdasarkan survei terkini LSI Denny JA, pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf menang telak 5-1 atas pesaingnya Prabowo-Sandi di enam kantong suara pemilih.

“Jokowi – Ma’ruf unggul di kantong suara pemilih muslim, minoritas, wong cilik, emak-emak, dan milineal. Sementara Prabowo – Sandi unggul di kantong suara pemilih kalangan terpelajar,” ujar peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, Kamis (7/2) siang di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta.

Survei LSI Denny JA yang mengangkat tajuk ‘Pergeseran Dukungan Pilpres di Enam Kantong Suara’, Jokowi-Ma’ruf unggul di kantong suara pemilih muslim.

“Di kantong pertama, yakni pemilih muslim yang populasinya kurang lebih 85 persen, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan dukungan sebesar 49,5 persen. Sementara Prabowo – Sandi memperoleh dukungan sebesar 35,4 persen. Sisanya, 15,1 persen belum menentukan pilihan,” lanjut Adjie.

Di kantong kedua, yakni pemilih minoritas dengan populasi kurang lebih 15 persen, dukungan terhadap Jokowi – Ma’ruf unggul telak mencapai 86,5 persen. Sementara dukungan terhadap Prabowo-Sandi sebesar 4,7 persen dan sisanya 8,8 persen belum menentukan pilihan.

Sementara di kantong suara pemilih wong cilik dengan basis pemilih 50,3 persen, Jokowi-Ma’ruf meraih 58,4 persen, unggul telak dari Prabowo-Sandi yang hanya memperoleh dukungan 24,7 persen. Sebanyak 16,9 persen pemilih belum menentukan pilihan.

Kantong keempat, yakni kantong suara emak-emak (perempuan) dengan populasi sebesar 50 persen, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul jauh dibanding pasangan Prabowo-Sandi. Dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf di pemilih emak-emak mencapai 57,0 persen, sementara dukungan terhadap pasangan Prabowo-Sandi di pemilih emak-emak sebesar 27,8 persen. Sisanya, 15,2 pemilih belum menentukan pilihan.

Di kantong pemilih kalangan terpelajar dengan populasi pemilih sebesar 11,5 persen, giliran Prabowo-Sandi yang unggul. Prabowo-Sandi meraih 44,2 persen, sementara Jokowi-
Ma’ruf hanya mendapat dukungan 37,7 persen.

Sedangkan di kantong pemilih milineal dengan populasi sebesar 45 persen, Jokowi – Ma’ruf unggul dengan dukungan 52,6 persen, sementara Prabowo-Sandi hanya mendapat dukungan 33,8 persen. Sisanya, sebesar 13,6 persen pemilih milineal belum menentukan pilihan.

“Dari enam kantong pemilih penting di atas, jika dibuatkan skor dari 6 kantong tersebut, Jokowi-Ma’ruf menang 5-1 dari pasangan Prabowo-Sandi,” ujar Adjie.

Survei dilakukan pada tanggal 18 – 25 Januari 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson