LSI: Banjir Dukungan Alumni PT, Jokowi-Ma’ruf Kalah di Kantong Suara Terpelajar

Kamis, 7 Februari 2019

DEKANDIDAT.COM – Meskipun beberapa hari terakhir terus mendapat dukungan dari sejumlah alumni perguruan tinggi (PT), elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf masih kalah dari pesaingnya, Prabowo-Sandi di kantong pemilih terpelajar. Survei terkini LSI Denny JA menyebutkan, kalangan terpelajar memberi dukungan 44,2 persen kepada Prabowo-Sandi, sementara Jokowi-Ma’ruf hanya mendapat dukungan 37.7 persen.

Pada survei kali ini, LSI membedah elektabilitas pasangan yang bersaing pada Pilpres 2019 ke dalam enam kategori, yakni enam kantong pemilih, sesuai dengan tajuk survei kali ini, ‘Pergeserasn Dukungan Pilpres di Enam Kantong Suara’.

Keenam kantong suara pemilih yang dijadikan bahasan survei adalah kantong suara pemilih muslim, kantong suara kalangan minoritas, kantong suara wong cilik, kantong suara pemilih peremuan (emak-emak), kantong suara pemilih terpelajar, dan kantong suara pemilih milenial.

Khusus untuk kantong suara di kalangan terpelajar yang jumlah populasi pemilihnya hanya 11.5%, pasangan Prabowo-Sandi yang unggul.

“Bentuk dukungan dari berbagai alumni perguruan tinggi dan sejenisnya, tak memberi dampak signifikan. Terbukti, Jokowi yang terus mendapat dukungan dari berbagai alumni perguruan tinggi, tetap kalah,” ujar Adjie Alfaraby.

Apa yang membuat Jokowi-Ma’ruf kalah di kantong suara kaum terpelajar?

“Mereka yang masuk kaum terpelajar lebih peka dalam mengamati isu-isu dan peristiwa yang terjadi. Penangkapan Ahmad Dani, pemeriksaan Rocky Gerung, dan sejumlah kasus terhadap ulama, mendapat perhatian khusus dari mereka. Ini yang membuat elektabilitas Jokowi-Ma’ruf tergerus, sehingga kalah dari Prabowo-Sandi,” ujarnya.

Survei dilakukan pada tanggal 18 – 25 Januari 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson