Menpora Buka Youth National Esports Championship 2019

Rabu, 30 Januari 2019

DEKANDIDAT.COM – Elektronik sport atau Esports kini bukan lagi sekedar games. Esports sudah menjadi cabang olahraga (cabor) yang diarahkan menjadi olahraga prestasi. Esports juga akan dipertandingkan di Sea Games dan Asian Games.

Melihat potensi ini, Menpora Imam Nahrawi mengusulkan Esports masuk dalam kurikulum formal di sekolah.

“Ke depannya, di level sekolah menengah harus membuka diri bagi hadirnya pertandingan Esport. Saya usulkan masuk kurikulum sekolah,” kata Menpora saat membuka turnamen Esport tingkat pelajar bertajuk Youth National Esports Championship 2019 Piala Menpora di Senayan, Jakarta, Selasa (29/1).

Untuk mewujudkannya, Imam mengaku akan bekerja sama dengan berbagai kementerian terkait, mulai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pihaknya juga akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 Miliar.

“Kita kurang lebih menyiapkan sekitar 50 miliar rupiah untuk menggulirkan ini sebagai sesuatu yang menarik dan terbuka di level-level sekolah nanti,” pungkasnya.

Imam menjelaskan bahwa para atlet Esport ini harus mendapatkan perhatian yang sama seperti atlet cabang olahraga lainnya. Para atlet Esport yang akan menjadi perwakilan Indonesia dijanjikan mendapatkan dukungan psikolog, ahli gizi, dan lain-lain. “Diharapkan momentum ini akan sangat dimanfaatkan untuk membuktikan bahwa merek, para atlet esport, pantas mewakili Indonesia di SEA Games 2019 di Filipina,” ujar Imam.

Youth National Esports Championship 2019 merupakan rangkaian dari program Garena Goes to School yaitu program khusus untuk mengembangkan Esports ke pelajar.

Kompetisi ini akan dilaksanakan di 11 provinsi, 22 Kota, dan 600 sekolah tingkat SMP dan SMA sehingga akan diikuti lebih dari 4000 siswa.

kinoy jackson