LSI: Debat Pilpres Pertama Tak Berpengaruh Signifikan

Rabu, 30 Januari 2019

DEKANDIDAT.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai, Debat Pertama Pipres 2019 tak berpengaruh signifikan  pada pilihan politik masyarakat. Hal demikian dikatakan Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, Rabu (30/1) siang, di Rawamangun, Jakarta.

“Debat Pertama Pilpres 2019, tak berpengaruh signifikan. Hanya sedikit responden yang mau mengubah pilihan politiknya usai menonton debat,” kata Adjie.

Melalui Survei bertajuk ‘Repson Publik dan efek Elektoral Debat Pertama, LSI mengukur berapa banyak jumlah responden yang menonton debat.

“Hasilnya, dari seluruh responden yang berjumlah 2.200 orang, hanya 50,6 persen yang mengaku menonton debat antara Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.”

Dari jumlah itu, LSI kembali mengukur apakah responden akan mengubah pilihan politiknya usai menonton debat.

“Hasilnya, hanya 5,8 persen yang mengaku mengubah pilihan politiknya, atau hanya 2,9 persen secara populasi,” lanjutnya.

Jumlah 2,9 persen itu, bisa dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, dari belum menentukan pilihan menjadi memilih calon. Kedua, dari memilih calon menjadi tidak memilih calon.

Menurut Adjie, sedikitnya jumlah mereka yang akan mengubah pilihan politik pasca menonton debat dipengaruhi sejumlah

faktor. Salah satunya karena jumlah masyarakat yang menonton debat secara utuh hanya sedikit. Dari 50,6 persen yang mengaku menonton debat, hanya 14,9 persen yang menonton secara utuh. Kebanyakan dari responden itu juga sudah mempunyai pilihan masing-masing sebelum menonton debat.

“Oleh karena itu, ajang debat hanya dijadikan sebagai sarana untuk lebih memantapkan pilihannya kepada salah satu paslon,” katanya.

Survei LSI ini dilakukan pada 18-25 Januari 2019 dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden adalah 1.200 orang yang memiliki hak pilih di Pilpres 2019. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini yakni plus minus 2,8 persen.

kinoy jackson