LSI: Andalkan Ketua Umum dan Media Massa, Perindo Bisa Tembus Ambang Batas PT

Selasa, 8 Januari 2019

DEKANDIDAT.COM – LSI Denny JA memprediksikan, meskipun harus melalui perjuangan berat, namun ditopang kekuatan media massa yang hebat, partai pendatang baru, Perindo masih berpeluang mencapai batas minimal Parliamentary Treshold (PT) Pemilu 2019.

“Dari empat partai baru yang akan mengikuti Pemilu 2019, Perindo menjadi Parpol yang paling batas minimal PT, 4%. Elektabilitas Perindo pada Agustus 2018 sebesar 1,7%, September (1,4%), Oktober (3.0%), November (2,2%), dan Desember (1,9%),” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, Selasa (8/1) siang, di Rawamangun, Jakarta.

“Meskipun elektabilitas naik turun, dengan margin of error survei 2,9%, Perindo bisa mencapai batas minimal PT.”

Hal apa saja yang bisa membuat Partai Perindo menembus batas minimal PT?

“Pertama adalah mengandalkan sosok Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo (HT). Bersama Megawati, SBY, Prabowo Subianto, dan Surya Paloh, HT menjadi salah satu ketua umum parpol yang paling dikenal publik. Ketua umum parpol lainnya hanya dikenal di bawah 50%,” lanjutnya.

“Kedua, jaringan media massa MNC Grup, informasi dan kampanye partai bisa menjangkau pemilih dengan cepat dan luas,” sergahnya.

“Ketiga, kekuatan logistik yang memadai, Perindo bisa melakukan kampanye secara masif. Ketiga hal ini yang bisa mendongkrak elektabilitas Perindo.”

Sementara itu tiga partai baru lainnya, yakni PSI, Partai Berkarya, dan Partai Garuda, dipresikan sulit lolos ambang batas PT.

“Meskipun PSI muncul dengan gagasan baru seperti mempromosikan kultur modern Barat soal agama dan wanita, partai ini sulit untuk lolos PT. Begitu juga dengan Partai Berkarya yang konsisten mempromosikan gagasan keunggulan Orba, partai ini juga sulit menembus ambang batas PT.”

Survei LSI ini dilakukan dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebesar 1200 orang. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

kinoy jackson