LSI: Setelah 2 Bulan Kampanye, Jokowi-Ma’ruf Masih Unggul 22 Persen

Kamis, 6 Desember 2018

DEKANDIDAT.COM – Setelah dua bulan kampanye, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul sekitar 22 persen dari Prabowo-Sandiaga Uno. Demikian salah satu hasil survei LSI Denny JA bertajuk ‘Dua Bulan Kampanye: Pertarungan Program dan Isu’ yang dirilis Kamis (6/12) siang, di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Dua bulan setelah masa kampanye dimulai, elektabilitas kedua capres tak banyak bergerak jika dibandingkan dengan posisi elektabilitas kedua capres sebelum kampanye,” ujar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar.

Dia melanjutkan, hasil survei LSI pada Agustus 2018, elektabilitas Jokowi-Maruf sebesar 52.2%. Sementara elektabilitas Prabowo-Sandi sebesar 29.5%.

“Keunggulan Jokowi-Ma’ruf terhadap Prabowo-Sandi di atas 20 persen, sementara mereka yang masih belum menentukan pilihan sebesar 18.3%.”

Saat ini, November 2018, elektabilitas Jokowi-Maruf 53.2%, Prabowo-Sandi sebesar 31.2%, mereka yang masih belum menentukan pilihan sebesar 15.6%.

LSI Denny JA juga merekam naik-turunnya suara kedua kandidat. Namun naik turunya suara kedua kandidat selama dua bulan masa kampanye tidak terlalu signifikan. Jarak kedua kandidat masih tetap diatas 20% dengan keunggulan Jokowi-Maruf dibandingkan Prabowo-Sandi.

Survei dilakukan pada tanggal 10-19 November 2018. Survei menggunakan 1200 responden di 34 propinsi, dengan metode wawancara langsung. Margin of error survei ini adalah +/- 2.9%. Selain survei, LSI Denny JA juga melengkapi survei ini dengan riset kualitatif dengan metode FGD, indepth interview, dan analisis media.

Dalam rilis survei mengenai isu dan program capres ini, LSI Denny JA juga melengkapi data dengan hasil dari media dan social media monitoring yang dilakukan di Strategic Room LSI.

kinoy jackson