13 Negara Ikuti Asian Open Short Track Speed Ice Skating Trophy 2018

Jumat, 30 November 2018

DEKANDIDAT.COM – Sebanyak 113 skater dari 13 negara ikut ambil bagian pada Kejuaraan Ice Skating Asia (Asian Open Short Track Speed Ice Skating Trophy) 2018, 30 November – 2 Desember, di Oasis Centre Arena, AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta.

Ajang yang digelar atas kerjasama Kemenpora dengan Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) ini, merupakan kejuaraan ice skating short track speed international pertama di Indonesia. Ke-13 negara yang akan ikut ambil bagian antara lain Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Taiwan, Korea Selatan, Qatar, dan Indonesia.

President Asian Skating Union dari Korea Selatan, Chang Myong Hi bersama timnya telah melakukan penilaian terhadap Oasis Centre Arena di AEON Mall, Jakarta.

“Venue ice rink di Indonesia sangat mengagumkan. Ini menjadi salah satu yang terbesar dan terbaik Asia. Venue ini sama dengan yang dipakai untuk olimpiade. Dengan adanya venue ini, semoga atlet Indonesia bisa berjaya di even international,” ujar Chang Myong Hi.

Sementara itu Presiden Federasi Ice Skating Indonesia (FISI), Susan Herawati sangat berterima kasih kepada Kemenpora karena telah mensupport FISI untuk menggelar even ini.

“Kami berharap melalui even ini bisa memicu prestasi para atlet Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina, November,” kata Susan.

Susan optimis pada even ini para atlet Indonesia mampu mengukir prestasi terbaiknya.

“Lawan kita terberat dari China Taipei, China dan Korea. Kami yakin atlet Indonesia mampu bersaing,” tandasnya.

“Pemerintah memberi support kejuaraan ini. Dukungan pemerintah tidak semata-mata berhenti di Asian Games dan Asian Para Games 2018 saja. Banyak even nasional dan internasional yang terus kami dorong, tidak hanya sport olimpic, tetapi yang non sport olimpic pun tetap kami dorong,” kata Gatot.

Gatot menambahkan, cabor ice skating ini akan dipertandingkan di SEA Games Filipina 2019 mendatang.

“Turnamen selevel Asia ini menjadi kesempatan bagi para atlet kita untuk menunjukkan kemampuannya yang maksimal menuju Sea Games 2019 di Manila tahun depan,” ujarnya.

Kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan ice skating Asia telah mendapat rekomendasi dari Asian Skating Union (ASU) yang telah mengirimlan tim meninjau persiapan dan venue pertandingan yang di gunakan di Oasis Centre Arena di AEON Mall, Jakarta.

kinoy jackson