kinoy jackson

10 Negara Ramaikan Indonesia Football Championship 2018

Jumat, 30 November 2018

DEKANDIDAT.COM – Sebanyak 12 tim dari 10 negara memastikan ikut ambil bagian pada Bali Internasional Football Championship (IFC) 2018, U-15, yang akan digelar 1-10 Desember mendatang di Stadion Pecatu, Badung, Bali.

Ke-10 negara yang akan mengirimkan timnya adalah Korea Selatan (Busan Football Academy dan Gyeongnam SC), Jepang (Progresso Sano FC), Cina (Hubei FA), Australia (Western Football), Filipina (Apuesto Bueno United FC), Thailand (Cruezeiro Academy Asia), Malaysia (Felda United FC), Singapura (Sporting CF SA), Timor Leste (National Team), dan Indonesia (Timnas Pelajar asuhan Firman Utina dan Tim Bara FC – kombinasi pemain Bali dan SKO Ragunan).

Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta menyatakan, meskipun even internasional, panitia hanya menyiapkan tropi juara. “Kita tidak memberikan hadiah berupa uang. Kita hanya akan memberikan tropi kepada juaranya,” ujar Isnanta, Jumat (30/11), di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Dijelaskan, even ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada atlet muda berbakat Indonesia agar memiliki jam terbang tinggi sejak usia dini.

“Kemenpora hanya menyediakan bibit pesepakbola muda kepada federasi sepakbola. Kalau pesepakbola yang kita tawarkan bisa dipakai, silakan. Kepada para juara, kami juga tak menjanjikan akan mengirimkan mereka ke turnamen yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Isnanta berharap, IFC 2018 yang akan dijadikan even tahunan. Bila nantinya ada pihak-pihak yang bersedia menjadi sponsor, nantinya even ini akan kita percayakan kepada daerah lain.

Ackhmad Achwani, panitia pelaksana turnamen IFC 2018 menyebutkan, tim kesebelasan yang dikirim mengikuti IFC 2018 adalah tim juara di negaranya masing-masing.

“Karena even ini juga bertjuan menjaring pariwisata, kami perkirakan sekitar 300 wisatawan yang akan meramaikan IFC 2018,” ujarnya.