LSI: Kampanye 2 Bulan, Jokowi-Ma’ruf Unggul Elektabilitas 20 Persen

Selasa, 27 November 2018

DEKANDIDAT.COM – LSI Denny JA menyebutkan, hingga dua bulan masa kampanye, pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul jauh, sekitar 20 persen, dari lawannya Prabowo-Sandi.

Hasil survei terkini LSI Denny JA bertajuk ‘Kondisi Ekonomi Tentukan Pemenang Pilpres?’ ini, disampaikan penelitinya, Ardian Sopa, Selasa (27/11) siang, di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Dua bulan masa kampanye diberlakukan, masih ada selisih dukungan yaitu Jokowi-Ma’ruf unggul di atas 20 persen dari Prabowo-Sandi,” ujar Ardian.

Kubu petahana unggul dengan elektabilitas 53,2 persen, sementara elektabilitas Prabowo-Sandiaga, 31,2 persen.

“Masih ada 15,6 persen suara yang belum memutuskan atau menentukan pilihan,” lanjutnya.

Menurut Adian, peta kekuatan elektabilitas dari kedua pasangan calon masih bisa berubah asalkan masing-masing kubu memiliki strategi yang tepat.

Ardian melihat, masa kampanye yang masih tersisa 5 bulan ke depan akan menjadi penentu naik surutnya elektabilitas masing-masing pasangan calon.

“Tapi kalau melihat dari bulan Agustus, September, Oktober, sampai November, relatif angkanya tidak jauh dari 20 persen. Sehingga, ketika ingin mengungguli otomatis masih perlu ada hal-hal yang dilakukan untuk bisa mengejar ketinggalan yang ada,” tukasnya.

“Semakin baik, positif ekonomi maka elektabilitas Jokowi sebagai petahana akan naik. Tetapi, semakin buruk persepsi ekonomi, akan menaikkan dukungan terhadap Prabowo-Sandi,” katanya.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada tanggal 10-19 November 2018, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Propinsi di Indonesia dengan metode multi stage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson