Kemenpora Minta Timnas Indonesia Kalahkan Filipina di Laga Terakhir

Kamis, 22 November 2018

DEKANDIDAT.COM – Kemenpora prihatin atas kegagalan Timnas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala AFF. Kendati demikian Tim Asuhan Bima Sakti Tukiman diminta tampil habis-habisan dan mampu memenangkan pertandingan di laga terakhir melawan Filipina, 25 November mendatang, di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

“Meskipun sudah tersingkir, Timnas harus bermain habis-habisan. Apalagi mereka akan tampil di Gelora Bung Karno, stadion kebanggaan bangsa Indonesia,” tukas Staf Ahli Kemenpora Bidang Hukum Olahraga, Samsudin, Rabu (22/11) pagi, di Jakarta.

Evan Dimas dkk dipastikan tersingkir dari perhelatan Piala AFF 2018 setelah tuan rumah Filipina sukses menahan tamunya, Thailand dengan skor 1-1. Dengan hasil imbang ini, Filipina mengumpulkan 7 poin, tak terkejar lagi oleh Indonesia yang maksimal hanya meraih 6 poin, jika berhasil mengalahkan Filipina di Gelora Bung Karno pada 25 November mendatang.

“Kita jangan mencari siapa yang salah atas kegagalan ini. Yang pasti ke depannya, PSSI sebagai induk organisasi persepakbolaan di Tanah Air harus lebih matang saat menbentukan pelatih Timnas,” ujar Samsudin.

Seperti diberitakan, penunjukkan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas dilakukan PSSI setelah gagal bernegosiasi dengan pelatih asal Spanyol, Luis Milla. Bima yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih Milla, dianggap mampu melanjutkan kiprah kepelatihan terhadap Timnas.

Namun nyatanya dari tiga pertandingan yang telah dimainkan, Indonesia dikalahkan Singapura 0-1, menang dari Timor Leste 3-1, dan dibekuk Thailand 4-2.

Pada laga yang tidak menentukan lagi, pada 25 November mendatang di Gelora Bung Karno, Timnas akan menghadapi Filipina yang saat ini dilatih oleh Sven Goran Eriksson.

Bima Minta Maaf

Para pemain Timnas Indonesia yang nonton bareng laga Filipina kontra Thailand, langsung bersedih bahkan ada yang menagis saat laga berakhir 1-1. Karena dengan hasil ini, Timnas dipastikan tersingkir.

Bima Sakti pun meminta maaf. Tersingkirnya Skuat Garuda di babak fase grup menjadi yang ketiga dari empat edisi terakhir Piala AFF.

“Pertama saya minta maaf kepada PSSI dan pecinta sepak bola Indonesia,” ujar Bima, Rabu (21/11).

“Kita semua pasti sedih, tapi saya pesan kepada pemain, perjuangan belum selesai dan kami harus tutup pertandingan hari Minggu dengan kemenangan,” imbuh Bima.

kinoy jackson