Kemenpora Berharap Kepergian Firza Andika ke Belgia Tak Jadi Polemik

Selasa, 6 November 2018

DEKANDIDAT.COM – Tanpa menyepelekan posisi PSMS Medan yang saat ini masih berada di dasar klasemen sementara Liga 1, Kemenpora meminta ‘kepergian’ Firza Andika melakukan trial di Belgia tak dijadikan polemik.Hal demikian dikatakan Staf Ahli Menpora Bidang Hukum Olahraga, Samsudin, Selasa (6/11) malam, di Jakarta.

“Sebaiknya kepergian Firza Andika trial ke Belgia jangan dijadikan polemik berkepanjangan. Mungkin dia harus pergi karena waktunya yang mendesak, sehingga dengan terpaksa tak lagi membela PSMS Medan,” kata Samsudin.

Ditambahkan, kalau Firza harus berangkat usai laga melawan Borneo FC, bisa jadi kesempatannya melakukan trial di Belgia sudah tertutup.

Seperti diberitakan, pelatih PSMS Medan, Peter Butler, mengaku kecewa berat ketika mengetahui manajemen tim menginzinkan Firza Andika untuk mengikuti trial di Belgia.

Peter Butler tak setuju lantaran PSMS Medan sedang dirundung masalah besar karena terancam terdegradasi ke kasta kedua Liga 1 Indonesia.

“Firza buat saya bingung. Kenapa dia bisa dikasih izin untuk trial di Belgia, sedangkan kami sedang dalam situasi sulit. Itu salah. Saya tidak setuju, maaf,” kata Peter.

Namun tanpa Firza, PSMS mencatat kemenangan dramatis 3-2 dari Borneo FC pada 3 November lalu. Namun PSMS masih menjadi juru kunci dengan raihan 30 poin. Berada di bawah Siwijaya FC (33), Perseru Serui (32), dan PS TNI (32).

Andalan Indra Sjafri

Kabar rencana kepergian Firza ke Belgia sebenarnya sudah muncul ketika yang bersangkutan masih membela Timnas U-19 Indonesia di Piala Asia U-19 2018.

Firza merupakan salah satu pemain yang menjadi andalan pelatih Indra Sjafri untuk mengisi pos bek kiri.

“Diharapkan semua pihak bisa memaklumi apa yang dilakukan Firza. Apalagi menajemen PSMS Medan telah mengijinkan yang bersangkutan melakukan trial ke Belgia,’ tambahnya.

Samsudin berdoa agar Firza suksesnya menjalani trial-nya. Karena jika dia diterima di klub Belgia, akan semakin banyak pemain muda Indonesia yang menimba ilmu di Eropa. Terakhir ada Eggy Maulana Fikri yang bergabung dengan klub Polandia.

“Kalau nantinya Firza sukses di Eropa, bangsa Indonesia juga yang senang karena memiliki pemain berkelas yang bisa diharapkan bisa mengharumkan Indonesia di kancah persepakbolaan internasional,” pungkasnya.

kinoy jackson