Sepeda Nusantara Etape Jambu Demak Tempuh Rute 15 Km

Senin, 5 November 2018

DEKANDIDAT.COM – Menempuh jarak sejuah 15 km, para penggowes tumpah ruah di Stadion Pancasila Demak, Jawa Tengah, untuk meramaikan perhelatan Sepeda Nusantara 2018 Etape Jambu Demak yang merupakan salah satu program unggulan Kemenpora, Minggu (4/11) pagi.

Sepeda Nusantara Demak ini diberi nama Etape Jambu Demak, karena di kota ini begitu banyak pohon Jambu yang dilewati selama para pegowes mengayuh sepedanya. Pohon jambu merupakan kebanggaan Demak.

Sepeda Nusantara Demak dibuka dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan senam ‘Ayo Olahraga’. Acara ini juga dihadiri Bupati Demak, HM Natsir.

“Dari sensus, ada 27 persen masyarakat yang berusia 10 tahun ke atas berolahraga. Kami punya target 35 persen dan acara ini jadi salah satu upaya kami untuk mencapai target tersebut,” ucap Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora, Aris Subiyono.

Sepeda Nusantara 2018 bertujuan meningkatkan derajat dan kualitas kebugaran masyarakat dan menghasilkan multiplier effect di berbagai sektor, seperti ekonomi dan pariwisata, memperkuat ketahanan sosial, memperluas kesadaran lingkungan dan hemat energi.

Demak punya potensi atlet bagus. Ada banyak juga atlet level nasional yang berasal dari Demak. “Demak juga punya potensi jadi penyumbang atlet untuk event-event internasional kita,” tambah Aris.

Sepeda Nusantara 2018 juga mengekspose “Bangun Indonesia”, capaian pembangunan yang telah dilakukan Pemeritahan Joko Widodo. Baik aspek fisik dengan pembangunan sarana dan prasarana terbaik di seluruh Tanah Air, sekaligus pembangunan kognisi, mental dan spitirual untuk mencapai prestasi-prestasi terbaik.

“Ketika CPNS kemaren ada atlet prestasi dari Demak cabor dayung dan meraih medali Asian Games. Ini harus terus kita kembangkan. Pembibitan itu penting,” ucapnya.

Usai tiba di garis finis, peserta kemudian mengikuti dooprize yang diadakan panitia. Ada berbagai macam hadiah barang elektronik. Sedangkan hadiah utamanya adalah voucher ibadah umrah.

kinoy jackson