DPR Minta Pelaksanaan Sepeda Nusantara 2019 Diperbanyak Tempat Penyelenggaraannya

Minggu, 4 November 2018

DEKANDIDAT.COM – Melihat animo masyarakat yang begitu besar, anggota Komisi X DPR RI, Putu Supadma Rudana meminta perhelatan Sepeda Nusantara pada 2019 diperbanyak tempat penyelenggaraannya.

“Kami sangat mengapresiasi program dari Kemenpora ini yang menghadirkan kegiatan di daerah-daerah, meski kami berharap seluruh Kabupaten/Kota mendapatkan program semacam ini namun nyatanya terbatas. Akan tetapi untuk tahun depan akan kita kawal agar lebih banyak daerah lagi yang melaksanakan Sepeda Nusantara seperti ini,” ucap Putu Supadma Rudana saat melepas Sepeda Nusantara 2018 etape Gianyar Aman, Minggu (4/11) pagi, di area Car Free Day Kabupaten Gianyar, Bali.

Semangat Kemenpora ini, kata Rudana, merupakan semangat yang luarbiasa, karena melalui olahraga seperti Sepeda Nusantara ini atau produk lainnya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.
“Kapan dan dimanapun kegiatan seperti ini bisa dilakukan, tinggal kami dorong nantinya di Komisi X agar pihak Kemenpora mampu menyelenggarakan even berbasis masyarakat seperti ini diberbagai tempat diseluruh Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan jika pihaknya mengapresiasi pihak Kemenpora yang telah menggagas kegiatan yang dicintai oleh masyarakat.

“Kita melihat antusiasme masyarakat dari kegiatan Sepeda Nusantara di Gianyar ini sangatlah bagus, baik komunitas sepeda atau masyarakat biasa, dari daerah Gianyar maupun dari Tabanan, bahkan ada yang datang dari Banyuwangi untuk bergowes bersama. Itu artinya, kegiatan-kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan,” terangnya.

Lebih lanjut Rudana mengatakan jika program Kemenpora ini sangat tepat dalam tujuan untuk menghadirkan olahraga ke masyarakat dan mengolahragakan masyarakat dalam semangat prestasi pencapaian empat besar Asian Games beberapa waktu lalu.

“Kami akan dukung penuh proses Indonesia menuju sebuah prestasi ditingkat dunia atau internasional dan yang tak kalah pentingnya adalah semangat untuk membangun kepariwisataan yang bersih khususnya di Bali serta membangun semangat kebersamaan antar masyarakat yang berujuan untuk membangun persatuan, kesatuan, bebas dari Narkoba, bahkan terhindar dari penyebaran hoaks atau ujaran-ujaran kebencian,” terangnya.

Seperti diketahui, Sepeda Nusantara etape Gianyar Aman mengambil start di area car free day dan finish di depan Kodim 1616 Gianyar, diikuti oleh 1500 pesepeda dengan menempuh jarak 12 Km.

Sementara itu Asisten Deputi bidang Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo yang hadir mewakili Menpora Imam Nahrawi, memberikan apresiasi yang tinggi atas antusiasme warga Gianyar dan sekitarnya yang mengikuti Sepeda Nusantara.

“Partisipasi masyarakat sangat luarbiasa. Target kami hanya seribu yang ikut, namun tercatat hampir dua ribuan orang bersepeda di even Sepeda Nusantara etape Gianyar Aman ini,” ucap Teguh Raharjo.

“Hadirnya even seperti Sepeda Nusantara di Gianyar maupun di daerah lainnya merupakan terobosan baru untuk meningkatkan destinasi-destinasi wisata. Jika para pengunjung di Bali atau daerah lainnya bersepeda tentu akan sangat menarik,” jelasnya.

“Terlebih kami dari pemerintah berupaya semaksimal mungkin bagaimana pembudayaan olahraga di Indonesia itu betul-betul merata, karena untuk menuju prestasi tanpa adanya pembudayaan adalah omong kosong, sehingga pembudayaan olahraga merupakan akar dari olahraga prestasi, pondasi prestasi Indonesia dipentas internasional,” tegasnya.

kinoy jackson