LSI: Parpol Pendukung Jokowi-Ma’ruf Menang Telak

Jumat, 2 November 2018

DEKANDIDAT.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei baru bertajuk ‘Pertarungan Partai Politik di 10 Provinsi Terbesar’, Jumat (2/11) siang, di Jakarta. Poin utama dari survei kali ini, partai pendukung pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf unggul telak dari Prabowo-Sandi.

“Dari sepuluh provinsi terbesar di Indonesia yakni, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan, parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf meraih 47,1 %, sementara Prabowo-Sandi 21,6%,” kata peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby.

Khusus parpol, PDIP menjadi partai pemenang pertama karena unggul di 5 provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

“Gerindra menjadi parpol pemenang kedua karena memenangkan elektabiltasnnya di Jawa Barat, Banten, dan Riau. PKB meraih kemenangan di Jawa Timur, sedangkan Golkar tetap berkuasa di Sulawesi Selatan,” imbuhnya.

Adjie menjabarkan, keunggulan Jokowi-Ma’ruf sangat ditentukan oleh sosok sederhana dan kinerja Jokowi selama menjabat sebagai presiden.

“Sebagai petahana, Jokowi sangat diunggulkan karena telah menunjukkan kerjanya. Sementara Ma’ruf Amin bertugas untuk mengamankan suara umat Islam. Karena selama ini, publik menuding Jokowi tidak ramah ke kelompok Islam,” jelasnya.

Sementara di kubu Prabowo-Sandi, suara pemilih yang militan terhadap Prabowo masih ada dan tidak berubah. Mereka-mereka ini adalah publik yang menginginkan pemimpin tegas seperti Prabowo.

“Di sini peran Sandiaga Uno sebagai cawapres adalah menjaring suara milenia dan emak-emak. Sandi yang akrab dengan medsos diharapkan bisa menjaringf suara milenial, sedangkan isu ekonomi mikro yang dikemas dengan mendengar keluhan emak-emak diharapkan bisa meraup banyak suara,” tukasnya.

LSI Denny JA melakukan survei setiap provinsi di 10 provinsi terbesar (berdasarkan populasi penduduk/pemilih) dimulai serentak pada tanggal 4-14 Oktober 2018.
Survei setiap propinsi menggunakan 600 responden. Dengan margin of error setiap provinsi sebesar 4.1 %. Total responden yang diambil dari 10 propinsi tersebut adalah 6000 responden.

LSI Denny JA juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson