Menpora Santuni Atlet Paralayang Korban Gempa Palu

Rabu, 3 Oktober 2018

DEKANDIDAT.COM – Kemenpora ikut berduka atas musibah gemba bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala beberapa hari lalu. Dari sekian banyak korban tewas, ada beberapa adalah atlet paralayang Indonesia yang saat itu berada di Hotel Roa-Roa.

“Keluarga besar Kemenpora dan Paralayang Indonesia berduka cita karena ada beberapa atlet paralayang yang belum ditemukan,” kata Menpora Imam nahrawi, di Jakarta.

Menpora menjelaskan, saat gempa dan tsunami melanda Palu dan Donggala, sejumlah atlet paralayang dari dalam dan luar negeri tengah mengikuti kejuaraan.

“Kejuaraan dimulai Kamis (27/9) hingga (30/9). Namun Jumat (28/9) terjadi gempa dan tsunami sehingga kejuaraan itu terpaksa dihentikan. Sejak Jumat panitia lomba kehilangan kontak dengan tujuh peserta yang masih terjebak di Hotel Roa-Roa tempat para atlet menginap. Mereka adalah Petra Mandagi, Ardi Kurniawan, Glen Mononutu, Reza Kambey, Lee Dong Jin, Fahmi, Franky Koas,” kata Menpora.

Imam pun memerinci sejumlah jenazah yang sudah ditemukan. Pada Senin, (1/10) pukul 17.00 WITA tim evakuasi gabungan berhasil Petra dan Glen dari reruntuhan hotel. Lalu pada Selasa (2/10) pukul 10.00 WITA, tim kembali berhasil menemukan Ardi atlet Pelatnas Asian Games dan Franky Koas.

“Hingga saat ini tim evakuasi masih berupaya mencari korban tiga lagi yang diduga masih tertimpa reruntuhan bangunan di Hotel Roa-Roa. Yaitu Reza Kambey atlet pelatnas Asian Games, Fahmi dan Lee Dong Jin,” katanya.

Kemenpora beserta seluruh jajaran pengurus para layang pun masih terus aktif melakukan komunikasi dengan Gendon selaku kepala pelatih timnas paralayang yang telah membentuk tim di lokasi kejadian. Selanjutnya, korban-korban yang selamat juga sudah dipulangkan di daerah masing-masing dengan pesawat hercules, dan sebagian sudah mendapat penanganan di posko bantuan.

“Pemerintah bersama pengurus paralayang akan berusaha memenuhi hak-hak para atlet khususnya atlet pelatnas ini karena mereka masih dalam tanggungan negara. Kita akan memberikan hak-haknya sekaligus memberikan santunan kepada keluarga nanti. Semoga arwah mereka pahlawan olahraga diterima Allah Swt dan amal-ibadahnya diterima Allah SWT,” tutupnya.

kinoy jackson