11 Negara Ramaikan IOXC 2018

Sabtu, 29 September 2018

DEKANDIDAT.COM – Sebanyak 380 peserta dari 11 negara ikut ambil bagian pada pergelaran Indonesia Open X-Sport Championship (IOXC) 2018, 28-30 September di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang. Menpora Imam Nahrawi berkesempatan membuka secara resmi acara yang menyiapkan hadiah total senilai Rp600 juta rupiah.

Adapun ke-11 negara yang ikut ambil bagian adalah Prancis, Malaysia, Jepang, Filipina, Rusia, Singapura, Thailand, Republik Rakyat China, Taiwan, Brunei Darussalam, dan Indonesia.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan ratusan atlet yang berasal dari 23 provinsi

IOXC 2018 yang bertajuk ‘Extreme Action with Attitude’, bertujuan untuk mewujudkan kepedulian pemerintah kepada para penggiat olahraga ekstrem serta memberikan wadah bagi mereka untuk

menyalurkan hobi tersebut menjadi kegiatan yang positif.

“Sebagian orang mungkin berpikir bahwa kehidupan atlet olahraga ekstrem ini memang ekstrem. Dengan rambut gondrongnya, dengan anting di telinganya, dll. Tapi di balik itu semua, saya katakan bahwa dalam hatinya ada semangat untuk memberikan kebahagiaan sekaligus memberikan prestasi kepada komunitasnya, keluarganya dan tentu pada negaranya, ” kata Menpora.

“Saya apresiasi acara ini. Karenanya, ke depan saya minta pada Deputi untuk menambah anggaran acara ini. Karena, komunitas ekstrem sport ini sangat luar biasa besarnya. Dan ini sudah dibuktikan di Asian Games yang lalu di cabang panjat tebing dan skateboard. Bahkan nanti di Olimpiade Tokyo 2020, skateboard juga akan berpartisipasi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki meminta seluruh atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas. “Kepada semua atlet menjunjung tinggi sprotivitas. Walaupun acara ini ekstrem sport, saya yakin kita bisa melakukan itu. Di sini tidak perlu ada fanatisme berlebihan. Acara ini adalah kontes unjuk keahlian dan skill masing-masing. Dan semoga kejuaran ini tahun depan bisa lebih besar lagi,” ucapnya.

Sedangkan Deputi 3 Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta menjelaskan, minta sejumlah daerah di Tanah Air sangat tinggi untuk menggelar even ini.

“Untuk IOXC 2019, ada sejumlah daerah yang sangat berminat menggelar even ini di daerahnya, misalnya Karang Anyar,” tukas Isnanta.

Ikut Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Kepala Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON), Suryati, Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora, Teguh Rahardjo, dan Ketua KONI Banten, Brigjen (Pol) Purn Rumiah Kartoredjo.

kinoy jackson