Ribuan Peserta Semarakkan Festival Senam Lansia 2018 di Ternate

Sabtu, 8 September 2018

DEKANDIDAT.COM – Ribuan lansia ikut menyemarakkan Festival Senam Lansia yang digelar di kawasan Car Free Day, Pantai Tuga Lufa, Tidore, Sabtu (8/9). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 yang bakal digelar di Ternate, Minggu (9/9).

Pada Festival Senam Lansia tersebut, para lansia seperti tak mengenal lelah. Padahal, mereka sudah bersenam ria sebelum Deputi 3 Kemenpora, Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta membuka secara resmi festival tersebut.

“Kami ingin memberikan apresiasi dan prestasi dalam olahraga. Prestasi ini tidak berarti dalam bentuk medali, namun di sini sudah terbukti sebagai kota kecil terbersih di Indonesia. Dengan kondisi seperti ini, masyarakat dapat hidup sehat. Itu menjadi bagian dari kampanye kami, dalam konteks pembudayaan olahraga,” kata Isnanta yang hadir mewakili Menpora Imam Nahrawi.

“Ternyata kami tidak salah memilih. Kami bahkan tidak menyangka lansia yang hadir lebih banyak dari yang diperkirakan. Itu pertanda harapan hidup di sini luar biasa. Dan ini juga menjadi paket pengiring dari Haornas,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhamad Senin, sangat senang dan bangga dengan kepercayaan yang diberikan Kemenpora kepada kota Ternate untuk menggelar puncak perayaan Haornas 2018. .

“Ini sebuah penghargaan yang diberikan. Kami pun berharap negara tidak melupakan Tidore, karena punya andil dalam perjuangan,” tutur Muhamad Senin.

Sementara itu, selain sebagai rangkaian dari Haornas 2018, Kabid Olahraga Usia Dini, Lansia dan LP Kemenpora, Agustien Rien Ariyanti menuturkan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memotivasi kaum lansia mau berolahraga dan tetap bugar.

“Untuk senam, kami membaginya menjadi kategori perorangan dan beregu. Senam perorangan kami melombakan senam tobelo, senam khas dari Tidore. Untuk beregunya kami melombakan senam kreasi,” terangnya.

kinoy jackson