LSI: Kalah di Twitter dan Instagram, Jokowi-Ma’ruf Menang di Facebook

Rabu, 5 September 2018

DEKANDIDAT.COM – Meskipun usianya lebih tua, pasangan Jokowi-Ma’ruf ternyata bukan ternyata mampu mengungguli Prabowo-Sandi di media sosial. Khususnya Facebook. Demikian hasil survei terkini LSI Denny JA yang dilansir Rabu (5/9) siang, di Rawamangun, Jakarta.

Saat ini usia Jokowi 57 tahun, Ma’ruf Amin 75 tahun, sedangkan Prabowo (66) dan Sandiaga Uno (49).

Untuk survei kali ini, LSI Denny JA hanya memasukkan Facebook, Twitter, dan/atau Instagram, yang dijadikan sebagai bahan acuan.

“Di kalangan pengguna medsos, selisih elektabilitas Jokowi–Ma’ruf dengan Prabowo–Sandi lebih tipis. Jokowi-Ma’ruf 48.3%, sedangkan Prabowo-Sandi 39.5%. Sisanya 12.2% menyatakan rahasia/belum memutuskan/TT/TJ,” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sofa, saat merilis survei terkini bertajuk ‘Pertarungan Pilpres di Media Sosial’.

“Selisih dua pasangan ini sebesar 8.8%. Dari data ini bisa kita lihat, secara keseluruhan Jokowi-Ma’ruf unggul, untuk bukan pengguna sosmed unggul, untuk pengguna sosmed uggul tipis,” lanjutnya.

Khusus pengguna Facebook (FB) angkanya mencapai 28.0%. Sisanya atau 72.0% bukan pengguna Facebook.

“Di kategori pengguna maupun bukan pengguna Facebook, Jokowi-Ma’ruf unggul dibandingkan dengan Prabowo-Sandi. Di kategori pengguna Facebook, Jokowi-Ma’ruf 41,6%, Prabowo-Sandi 39.4%. Di kategori bukan pengguna Facebook, Jokowi-Ma’ruf 56.4%, Prabowo-Sandi 25.3%.”

PRABOWO-SANDI UNGGUL

Sementara untuk pengguna Instagram (IG) yang angkanya mencapai 16.1%, 83,9% sisanya bukan pengguna IG, di kategori ini Jokowi-Ma’ruf mendapat 40.9%, Prabowo-Sandi 42.0%.

“Untuk pengguna Instagram, Prabowo-Sandi unggul sangat tipis. Prabowo-Sandi juga unggul di twitter dengan meraih 40.0%, sedangkan Jokowi-Ma’ruf 34,4%.”

Namun jika dibandingkan dengan jumlah pengguna Facebook yang mencapai 28,0%, maka pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dari Prabowo-Sandi. Karena pengguna Instagram hanya 16.1% dan twitter sebanyak 6,4%.

Mengapa Prabowo-Sandi unggul di Instagram dan Twitter?

“Sejalan dengan hasil survei terdahulu, pasangan Prabowo-Sandi memang selalu menang di kelompok menengah ke atas. Twitter dan Isntagram memang cenderung diminati oleh kelompok tersebut,” tukas Sofa.

Sedangkan untuk pemilih yang bukan pengguna media sosial, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul jauh.

“Pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat 53.15%, sementara Prabowo-Sandi hanya meraih 29.5% suara.”

“Apakah pengguna medsos mampu mempengaruhi sikap pemilih yang bukan pengguna medsos? Peluangnya sangat terbuka ketika pengguna medsos berinteraksi dengan bukan pengguna medsos dalam kehidupan sehari-hari. Namun tak demikian halnya dengan pemilih yang bukan pengguna medsos. Mereka sangat kecil kemungkinan bisa mempengaruhi pemilih yang menggunakan medsos.”

Survei ini dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 %. Survei dilaksanakan di 33 propinsi di Indonesia.

LSI juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson