Balikpapan Gelar Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2018

Selasa, 28 Agustus 2018

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Resmi digelar Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora U12/2018 Seri Nasional, Selasa (28/8). Even ini merupakan salah satu program unggulan Kemenpora.

Acara pembukaan Liga Sepakbola Berjenjang ini disaksikan oleh puluhan ribu orang, terdiri dari para peserta, pelajar, dan masyarakat umum.

Even olahraga ini akan berlangsung hingga Kami (30/8). Perwakilan dari masing-masing provinsi ini akan memperebutkan trofi Piala Menpora. Tahun lalu, Jawa Tengah tampil sebagai juara.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta sangat gembira dengan keseriusan Balikpapan sebagai tuan rumah dan animo para peserta dari berbagai provinsi.

“Ini merupakan tahun keempat digelarnya even ini untuk memperebutkan Piala Menpora. Dari tahun ke tahun perkembangan Piala Menpora sangat signifikan,” ujar Isnanta.

“Mereka yang ikut di Piala Menpora selalu mampu tampil bagus di ajang internasional. Bahkan beberapa kali sukses menjadi juara. Bahkan mereka yang tampil di sini, langsung menjadi incaran untuk masuk ke Timnas sesuai levelnya,” tambahnya.

“Banyak juga kompetisi yang terlahir dari masyarakat seperti Milo, Danone, Kompas Garamedia ataupun Topskor bahkan lainnya. Namun kita harus kuatkan jangkauan itu lebih meluas dan ini jelas terlihat 34 provinsi hadir di Balikpapan, artinya kita sudah sentuh seluruh Provinsi yang sebelumnya mereka terlebih dulu menggelar kompetisi ditingkat daerah dan Provinsi, mereka tergerak menggelar kompetisi.” tambahnya.

Dia melanjutkan, Kemenpora juga konsisten menggelar turnamen pada level U-14, U-16 dan level mahasiswa.

“Kita harus fokus pada pembinaan berjenjang agar masa depan sepak bola kita semakin cerah. Kompetisi seri Nasional ini tak cukup sampai disini, kita akan kerahkan tim pemandu bakat untuk kita kirim ke level internasional.”

Kepada para juara, Isnanta menyebutkan bahwa apresiasi yang diberikan tidak harus berbentuk materi. Namun kesempatan untuk berkarir ke jenjang yang lebih tinggi merupakan bagian dari penghargaan.

“Ditambah kita keluarkan sertifikat dari Menpora, bahwa ini juga bisa dimanfaatkan untuk jenjang pendidikan mereka serta diberi kesempatan mengikuti event yang lebih tinggi yakni internasional, karena anak-anak kita harus memiliki pengalaman bertanding ditingkat internasional. Itulah fasilitas-fasilitas dan spririt yang harus kita bangun, bahwa usia muda ini kita harus mengedepankan pembinaan yang berbasis kepada karakter.”

Tak hanya itu, dia juga memuji peran FOSSBI yang mampu menyelenggarakan penyisihan Piala Menpora mulai dari level kabupaten/kota sampai provinsi. Hal tersebut kata dia sangat positif bagi perkembangan sepak bola Tanah Air pada masa yang akan datang.

kinoy jackson