Novendra Priasmoro Juarai Catur Junior Asia di Mongolia

Minggu, 26 Agustus 2018

DEKANDIDAT.COM – Kabar gembira datang dari pecatur muda Indonesia, Novendra Priasmoro. Pemuda kelahiran Jakarta 19 tahun silam ini, tampil sebagai juara di Kejuaraan Catur Junior Asia (KU 20 Thn), 17-26 Agustus, di Ulaanbaatar, Mongolia.

“Dari sembilan babak yang dimainkan, Novendra meraih 8 poin, hasil dari tujuh kemenangan dan dua kali bermain remis,” jelas Ketua Bidang Pembinaan PB Percasi, Kristianus Liem, Minggu (26/8) dinihari.

Posisi kedua di kejuaraan ini ditempati Nodirbek Yakubboev dari Uzbekistan dengan 7 poin, sedangkan tempat ketiga diduduki pecatur yuan rumah, Agibileg Uurtsaikh (6,5 poin).

Kris menambahkan, berkat keberhasilannya menjuarai turnamen ini, Novendra kembali meraih Norma Grand Master (GM).

“Sebelumnya di Filipina, tahun 2017, Dia meraih Norma GM-nya yang pertama.Saat itu dia tampil sebagai juara di Eastern Asian Junior Chess Championship 2017, Tagaytay,” tambahnya yang merangkap sebagai manajer Novendra untuk kejuaraan ini.

Kado HUT RI

Usai meraih kemenangan, Novendra menyebutkan gelar juara yang diraihnya dipersembahkan sebagai kado untuk HUT Kemerdekaan RI ke-73.

“Kemenangan ini saya persembahkan untuk HUT RI ke-73,” kata Novendra, singkat.

Novendra yang kini dilatih GM Andrei Kolev, sudah serius menggeluti catur sejak umur delapan tahun di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA).

Ketika itu Novendra kecil ditangani oleh pelatih asal Rusian, GM Ruslan Scherbakov.

kinoy jackson