LSI: Rebutan Pemilih Muslim, Jokowi-Ma’ruf Amin Menang Telak

Jumat, 24 Agustus 2018

DEKANDIDAT.COM – Pemilihan Ketua MUI, KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres Jokowi, ternyata sangat tepat. Berdasarkan survei terkini LSI Denny JA, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul telak dari Prabowo-Sandi di berbagai kategori.

“Survei kita kali ini membedah soal pemilih muslim di enam kategori, yakni kategori asosiasi dengan ormas (organisasi masyarakat), kategori pandangan agama dan politik, kategori tipe negara ideal, kategori frekuensi praktek ibadah, dan kategori tokoh panutan,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, Jumat (24/8) siang, di Rawamangun, Jakarta.

Sebelumnya dalam survei bertajuk ‘Pemilih Muslim VS Pemilih Muslim: Jokowi atau Prabowo?’, LSI menjabarkan bahwa total populasi pemilih muslim di Indonesia minimal 85%.

“Sejauh ini Jokowi – Ma’ruf, unggul di pemilih muslim semua kategori. Untuk kategori Asosiasi dengan ormas, Jokowi – Ma’ruf unggul di segmen NU, Muhammadiyah, dan ormas lainnya. Prabowo – Sandi hanya unggul di PA 212,” kata Rully.

Di segmen NU, Jokowi – Ma’ruf, unggul di angka 54.7%, dibanding Prabowo – Sandi (27.0%). Di segmen Muhammadiyah, Jokowi – Ma’ruf (50%) sedangkan Prabowo – Sandi (35.7%). Prabowo – Sandi hanya unggul di segmen PA 212. Prabowo – Sandi (61.1%), sementara Jokowi – Ma’ruf (27.8%).

Untuk kategori tipe ideal negara, Negara Islam, Demokrasi Liberal atau Demokrasi Pancasila. Hasilnya adalah Indonesia harus khas Indonesia (Demokrasi Pancasila) dengan dukungan paling besar sebanyak 75.2%, Indonesia harus seperti Timur Tengah (Negara Islam Timur Tengah) sebesar 12.1%. Indonesia harus seperH Dunia Barat (Demokrasi Liberal) sebesar 2.5%.

“Pendukung Demokrasi Pancasila yang memilih Jokowi – Ma’ruf (54.2%), sementara Prabowo – Sandi hanya 30.4%. Pendukung Indonesia harus seperti Timur Tengah (Negara Islam Timur Tengah), yang memilih Jokowi – Ma’ruf (43.5%), Prabowo – Sandi (38.8%).”

“Pendukung Demokrasi Liberal memilih Jokowi – Ma’ruf sebanyak 48.0%, sedangkan Prabowo – Sandi hanya 16.0%.”

Sedangkan kategori berdasarkan praktek ibadah frekuensi sholat. Hasilnya, pemilih yang minimal sholat sehari sekali, mayoritas mendukung Jokowi – Ma’ruf sebesar 57.9%, sedangkan yang mendukung Prabowo – Sandi sebanyak 27.4%.

“Untuk segmen sholat hanya di moment tertentu. lebih banyak mendukung Prabowo – Sandi dengan angka 43.5%. Yang mendukung Jokowi – Ma’ruf sebesar 41.2%,” jelas Rully.

Untuk kategori berdasarkan praktek ibadah membaca Al-Qur’an.
Pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul di kategori membaca Al-Qur’an setidaknya sebulan sekali memperoleh dukungan 61.0%, sementara Prabowo – Sandi sebesar 30.1%.

“Untuk kategori membaca Quran hanya di moment tertentu, Prabowo – Sandi meraih 42,9%, unggul dari Jokowi – Ma’ruf (41.5%).

Survei LSI dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode mul0stage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 %.

Survei dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia. Survei dilengkapi penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson