1.600 Peserta Semarakkan Sepeda Nusantara 2018, Etape Tugu Muda

Sabtu, 4 Agustus 2018

DEKANDIDAT.COM – Sekitar 1.600 peserta bakal menyemarakkan Sepeda Nusantara 2018 Etape Tugu Muda yang akan digelar di kota Semarang, Minggu (5/8) pagi, di depan Balaikota Semarang, Jawa Tengah. Di etape ini, para peserta akan bergowes ria sejauh 10 Km.

“Semula kami hanya menargetkan 1.000 peserta. Namun ternyata peminat Sepeda Nusantara 2018 membludak menjadi 1.600 orang. Kami tak menyangka jumlah pesertanya akan membludak,” tukas Ketua Panitia Pelaksana Sepeda Nusantara 2018 Etape Tugu Muda, Sri Haryanto, Sabtu (4/8) siang, di ruang kerjanya, di Semarang, Jawa Tengah.

Sesuai dengan tema Sepeda Nusantara kali ini, Membangun Indonesia, selama bergowes, para peserta akan melihat fly over Jl Kali Banteng yang baru, juga Jl Jenderal Ahmad Yani yang baru selesai dikerjakan.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada Kemenpora yang untuk kedua kalinya memberikan kepada kota Semarang sebagai tuan rumah acara seperti ini. Sebelumnya pada tahun 2017, kami juga dipercaya sebaga tuan rumah penyelenggaran Gowes Pesona Nusantara 2017,” tambah laki-laki berkumis yang kesehariannya menjabat sebagai Kabid Pemberdayaan Olahraga Semarang, Jateng.

Nantinya para peserta akan memulai start dari depan Gedung Balaikota untuk kemudian melalui Jalan Sugiyo Pranoto – Bojong Salaman – Jalan Pamularsih – Bundaran Kali Banteng – Jalan Yos Sudarso – Puri Anjasmoro – finish di Pantai Marina.

Pakaian Pejuang

Dari 1.600 peserta yang nantinya bakal menyemarakkan kota Semarang, 150 peserta di antaranya, dari Komunitas Kosti, akan mengenakan seragam pejuang.

“Untuk Etape Tugu Muda ini, ada 25 komunitas sepada yang akan ikut ambil bagian. Di antaranya Komunitas Kosti, 150 orang, dengan mengenakan baju pejuang,” ujarnya.

Melihat antusiasme masyarakat yang begitu besar, menggunakan bermacam-macam pakain, pihakm panitia akan memberikan hadiah spontan berupa uang, kepada peserta yang dinilai berbusana terunik dan terbaik.

“Kita juga menyiapkan bermacam-macam door prize yang jumlah totalnya mencapai Rp30 juta. Door prize tersebut antara lain, belasan sepeda, lima di antaranya dari Atlantis, kompor gas, kipas angin, mesin cuci, dan televisi.”

Senam Poco-Poco

Semula, acara Sepeda Nusantara akan dilepas secara resmi oleh Walikota Semarang, Hendra Priyadi, pada pagi hari sebelum pukul 07.00 WIB. Namun karena di Jakarta tengah dilakukan pemecahan rekor dunia senam poco-poco, akhirnya Sepeda Nusantara 2018 Etape Tugu Muda dilaksanakan di atas pukul 07.00 WIB.

“Tepat pada pukul 07.00 WIB, kami akan mendukung upaya pemecahan rekor dunia senam poco-poco dengan mengerahkan sekitar 3.000 peserta, di bawah arahan dari 20 instruktur terpilih di Kota Semarang.”

“Kami berharap dengan adanya Sepeda Nusantara 2018 di kota Semarang, tujuan menjadikan Semarang Green bisa terlaksana,” tutup Sri Haryanto.

Sepeda Nusantara 2018 merupakan salah satu program unggulan Kemenpora.

kinoy jackson