Kemenpora – BNSP, MoU Soal Kompetensi Tenaga Keolahragaan

Kamis, 2 Agustus 2018

DEKANDIDAT.COM – Untuk mendorong ketersediaan tenaga keolahragaan di Indonesia yang bersertifikat, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan Memori of Understanding (MoU) dengan Badan Nasional Serifikasi Profesi (BNSP), Kamis (2/8) siang, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Deputi IV Kemenpora, Bidang Peningkatan Prestasi, Prof Mulyana dengan Ketua BNSP Sumarna F Abdurahman.

“Penyusunan Standart Keolahragaan ini merupakan salah satu amanat dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, dimana mengamanatkan kepada pemerintah untuk menyusun kebijakan Standart Keolahragaan Nasional,” kata Mulyana.

“Sejatinya MoU ini akan dilakukan antara Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional (BSANK) dengan BNSP. Namun karena Pimpinan BSANK saat i ni menjabat sebagai anggota DPR RI, maka terjadi kekosongan jabatan,” lanjutnya.

“Oleh karenanya MoU ini dilakukan oleh Kemenpora. Setelah ini, teknis boperasionalnya akan dilakukan oleh BSANK dan BNSP yang akan berkoordinasi dalam implementasi di lapangan,” tambahnya.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenpora ingin mendorong lebih banyak lagi partisipasi publik di semua aspek keolahragaan. Kami juga terus mendorong BSANK untuk semakin aktif dalam menjalankan kerja operasional penyusunan Standart Keolahragaan Nasional yang memang sangat kita butuhkan.”

“Namun efektifitas perjanjian kerjasama ini baru bisa dirasakan sekitar tiga sampai empat tahun mendatang. Mulai saat ini, kita baru melakukan sosialisasi terhadap apa yang kita sepakati bersama,” tukasnya.

Sementara Ketua BNSP, Sumarna F Abdurahman mengatakan, MoU ini dilakukan dalam upaya pengembangan sistem sertifikasi, kebijkan BNSP adalah membentuk harmonisasi di bidang sertifikasi profesi.
“Kerjasama ini diharapkan bisa membantu BSANK yang dalam hal ini difasilitasi Kemenpora untuk melakukan standarisi kompetensi tenaga keolahragaanya di Indonesia,” ujar Sumarna.

Ikut hadir pada kesempatan tadi, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora Aris Subiyono, Kepala Bagian Organisasi, Tatalaksana, dan Kerjasama Kemenpora Suyadi Prawiro, dan Kepala Bagian Hukum Kemenpora Yusuf Suparman.

kinoy jackson