LSI: Publik Pilih Airlangga Jadi Cawapres Jokowi

Rabu, 25 Juli 2018

DEKANDIDAT.COM – Hingga sepuluh hari menjelang masa pendaftaran Capres-Cawapres untuk mengikuti Pilpres 2019 (4-10 Agustus), Presiden Jokowi masih merahasiakan siapa calon cawapresnya. Namun berdasarkan hasil survei terkini LSI Denny JA, sosok Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto paling disukai publik untuk menjadi RI-2.

“Paska Pilkada dan sebelum Pilpres, tiga ketum partai pengusung Jokowi naik status. Mereka adalah Airlangga Hartarto (Golkar), Muhaimin Iskandar (PKB), dan Romahurmuziy (PPP) naik status. Mengapa? Karena ketiga tokoh ini masuk sebagai cawapres Jokowi,” ujar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, Rabu (25/7), di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta.

“Dari ketiga tokoh ini, Airlangga Hartarto yang meroket dilihat dari lonjakan sisi pengenalan, kesukaan, dan citra untuk strong goverment.”

Diakui LSI, Jika dibandingkan dengan ketua umum partai politik kubu Jokowi, popularitas Airlangga memang masih kalah dari Megawati (95.7%) maupun Surya Paloh (62.1%). Namun popularitas Airlangga melonjak signifikan sejak Januari 2018.

“Popularitas Airlangga melonjak signifikan sejak Januari 2018. Pada Januari 2018, popularitas Airlangga hanya 15,4 persen. Pada Mei 2018 mengalami kenaikan 25,3 persen. Dan saat ini Juli 2018, popularitas Airlangga sebesar 44 persen. Artinya ada kenaikan 18,7 persen dibanding dua bulan lalu,” jelasnya.

“Publik menilai, Airlangga Hartarto paling layang mendampingi Jokowi sebagai cawapres pada Pilpres 2019,” tegasnya.

LSI Denny JA melansir survei terkininya dengan mengangkat tajuk “Empat Isu Partai dan Ketua Umum: Sebelum dan Sesudah Pilkada”.

Survei digelar pada 29 Juni-5 Juli 2018 dengan metode multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei sebanyak 1.200 responden dan toleransi kesalahan (margin of error) -+ 2,9 persen.

kinoy jackson