Presiden Jokowi Ikut Jadi Pembawa Obor Asian Games 2018

Kamis, 12 Juli 2018

DEKANDIDAT.COM – Ternyata bukan hanya kalangan atlet dan artis saja yang bakal membawa obor Asian Games 2018. Konon kabarnya Presiden Jokowi juga berkesempatan membawa obor sejauh 100 meter di halaman Istana Negara sebelum acara penurunan Sang Saka Merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

“Tepat pada tanggal 17 Agustus, sebelum upacara penurunan bendera, obor Asian Games akan mampir ke Istana Negara. Rencananya Presiden Jokowi akan membawa obor mengelilingi lapangan sejauh 100 meter, bersama 17 mantan atlet terbaik Indonesia, seperti Rudi Hartono, Verawati Fahrin, Suzanna Anggarkusuma, dll,” kata Direktur Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018, Herty Purba, Kamis (12/7) siang, di markas Inasgoc, Senayan, Jakarta.

Setelah Presiden Jokowi, selanjutnya obor Asian Games diserahkan kepada Ketua Panitia Pelaksana Inasgoc, Erick Thohir, lanjut Herti.

“Siapa pelari pertama yang akan membawa obor Asian Games 2018, sampai saat ini kita menyiapkan Susi Susanti. Dengan prestasi yang pernah diraihnya, salah satunya emas olimpiade, Susi sangat pantas untuk menjadi pelari pertama pembawa obor Asian Games,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, di setiap titik yang akan dilintasi obor Asian Games, Inasgoc telah menyiapkan satu orang atlet dan satu orang artis. Hal ini dimaksudkan untuk menyemarakkan kirab obor Asian Games 2018.

“Soal daerah mana yang akan dilintasi obor Asian Games, kami yang menentukan. Namun pihak daerah juga diberi kesemopatan untuk memberi masukan, jika ada daerah yang agak rumit rutenya. Jadi kita terus bersinergi dengan pihak pemda yang akan dilewati obor Asian Games,” tukasnya.

Sementara soal berbagai acara penyembutan obor Asian Games, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak daerah.

“Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada daerah yang akan kita lewati untuk menyelenggarakan berbagai acara. Silakan kalau mereka ingin membuat festival dan semacamnya.”

kinoy jackson