Survei LSI: Airlangga Cawapres Paling Layak Dampingi Jokowi dari Kalangan Parlemen

Selasa, 10 Juli 2018

DEKANDIDAT.COM – Siapakah cawapres yang layak menjadi pendamping Jokowi? Menurut hasil survei terkini LSI Denny JA yang dilakukan terhadap 1200 responden pada periode 28 Juni-5 Juli 2018, sosok Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, menjadi cawapres yang paling layak dari kalangan parlemen.

“Hasil survei kami membuat empat kategori untuk cawapres yang layak mendampingi Jokowi, yakni cawapres dari kalangan parlemen, cawapres dari kalangan akonom, cawapres dari kalangan aparat hukum dan keamanan, serta cawapres dari kalangan tokoh agama,” kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, saat memaparkan survei terkini bertajuk ‘Pasangan Capres dan Cawapres Paska Pilkada’, Selasa (10/7) siang, di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Untuk cawapres dari kalangan parlemen, sosok Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Sutarto menempati posisi teratas dengan 35,70% suara. Disusul Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin)sebesar 21.5 %, dan Ketua Umum PPP, Romahurmuzy (16.0 %),” lanjutnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan Airlangga Hartarto teratas karena statusnya sebagai ketua umum Partai Golkar, partai pemenang kedua pileg 2014, ujarnya.

Untuk kategori kedua, cawapres ideal Jokowi yang mengerti dan kapabel soal ekonomi. LSI Denny JA menguji sejumlah nama dari para profesional dan mereka yang dekat dengan pelaku binis.

“Hasilnya nama menteri keuangan, Sri Mulyani, berada di urutan pertama, cawapres Jokowi paling diinginkan publik. Sebesar 32.5 % memilih Sri Mulyani. Posisi kedua adalah menteri kelautan Susi Pudjiastuti (24.5 %), dan disusul Chairul Tanjung 17.0 %.”

Untuk kategori cawapres dari kalangan aparat hukum dan keamanan. LSI Denny JA menguji sejumlah nama dari perwira Polri dan TNI aktif maupun purnawirawan.

“Hasilnya Jenderal Tito Karnavian menjadi cawapres yang paling ideal menurut publik dengan angka sebesar 32.6 %. Disusul mantan panglima TNI Moeldoko sebesar 29.0 %. Dan mantan Panglima TNI di era Presiden Soeharto, Wiranto, sebesar 25.7 %,” jelas Adjie.

Sedangkan untuk cawapres ideal Jokowi agar didukung oleh tokoh agama berpengaruh, nama KH Ma’ruf Amin (Ketua MUI) berada dalam posisi pertama sebagai cawapres yang ideal bagi Jokowi. Disusul mantan ketua umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin sebesar 17.2 %, Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi (TGB) sebesar 12.3 %, dan mantan ketua MK Mahfud MD sebesar 9.5 %.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling di 33 provinsi Indonesia. Adapun margin of error survei plus minus 2,9 persen. Artinya, angka survei bisa berkurang atau bertambah sebanyak 2,9 persen. Survei ini dibiayai secara mandiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson