LSI: Hadapi Pilpres 2019, Posisi Jokowi di Atas Megawati

Selasa, 10 Juli 2018

DEKANDIDAT.COM – Posisi Jokowi sebagai petugas partai dari PDIP memang dalam posisi dilema saat akan menentukan cawapres. Namun dengan adanya dukungan dari sejumlah parpol yang memastikan dia memperoleh tiket ke Pilpres 2019, posisi Jokowi saat ini berada di atas Megawati Soekarnoputri.

“Posisi Jokowi memang sebagai petugas partai di PDIP, sementara Megawati menjadi ketua umumnya. Namun dengan adanya dukungan dari sejumlah parpol untuk maju ke Pilpres 2019, posisi Jokowi di atas Megawati. Jokowi bisa menentukan sendiri cawapresnya,” demikian dikatakan peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, saat memaparkan survei terkini bertajuk ‘Pasangan Capres dan Cawapres Paska Pilkada’, Selasa (10/7) siang, di Rawamangun, Jakarta Timur.

Seperti diberitakan, pada pertemuan di Istana Bogor, Minggu (8/7), keduanya menyebutkan bahwa nama cawapres yang bakal mendampingi Jokowi sudah di kantong dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diperkenalkan ke publik.

“Dari nama-nama yang sempat beredar, ada nama Puan Maharani (anak Megawati). Padahal elektabilitas Puas masih rendah. Sebagai capres, Jokowi yang paling tahu sosok yang pantas mendampinginya. Kalau PDIP memaksa memilih satu nama yang tak sesuai, Jokowi punya hak untuk menolaknya,” tambah Adjie.

“Yang pasti, dengan sejumlah parpol yang sudah siang mengusungnya, seperti Golkar, PPP, PKB, Hanura, dan parpol lain, Jokowi sudah pasti punya tiket untuk bertarung di Pilpres 2019. Jokowi tak perlu khawatir,” tegasnya.

Survei LSI yang dilakukan terhadap 1200 responden pada periode 28 Juni-5 Juli 2018.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling di 33 provinsi Indonesia. Adapun margin of error survei plus minus 2,9 persen. Artinya, angka survei bisa berkurang atau bertambah sebanyak 2,9 persen. Survei ini dibiayai secara mandiri oleh LSI Denny JA.

kinoy jackson