GM Utut Adianto Tumbangkan Pemegang Rekor Dunia Catur Buta Asal Amerika

Sabtu, 7 Juli 2018

DEKANDIDAT.COM – Meskipun tanpa persiapan sama sekali, pecatur putra terbaik Indonesia, GM Utut Adianto, sukses menumbangkan pemegang rekor catur buta dunia,GM Timur Gareyev, Sabtu (7/7), di Hours Cafe, Graha Kita Karya, Kelapa Gading, Jakarta.

Pada Blindfold Match (Catur Buta) yang memainkan dua babak (tiap babak 15 menit), Utut Adianto mencatat kemenangan 1,5 – 0,5.

Di partai pertama, Utut yang kini menjabat sebagai ketua umum PB Percasi, menghentikan perlawanan Gareyev pada langkah ke-54. Sementara di partai kedua, Utut yang memainkan buah putih memaksa pertarungan berakhir remis.

Timur Gareyev adalah seorang grand master catur Amerika dari Uzbekistan. Bersama Lang, dia dinobatkan sebagai pemegang rekor dunia catur buta tandem sebanyak 46 kali.

“Saya sama sekali gak ada persiapan. Tiap hari selalu rapat di DPR. Tadi malam juga masih rapat. Tapi biar gak ada persiapan, Saya sulit dikalahkan untuk catur buta. Terbukti kan,” ujar Utut Adianto.

Namun yang paling penting, lanjutnya, pertarungan ini dimaksudkan untuk memberi motivasi kepada para pecatur muda di Tanah Air.

“Saya sudah diminta Pak Eka dua tahun lalu untuk bertanding lagi. Ternyata baru sekarang kesampaian,” tukasnya.

Minta Izin Megawati

Diakuinya, Utut sejak lama ingin tampil kembali sebagai pecatur. Oleh karenanya dia akan meminta izin kepada Sang Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Bu Mega pernah bilang, setiap kadernya harus menunjukkan kemampuan terbaiknya. Saya merasa kalau kemampuan terbaik saya adalah bermain catur, saya akan meminta izin ke beliau agar diizinkan kembali bertanding catur.”

Sementara itu Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putra Wirya, sangat merasa senang dengan kembali tampilnya Utut Adianto sebagai pecatur.

“Sudah sejak lama saya merayu Pak Utut untuk kembali tampil. Ternyata sekarang dia mau juga. Dengan munculnya Utut, pasti akan memotivasi pecatur-pecatur muda kita,” ucapnya.

“Saya sangat yakin kalau Pak Utut masih mempunyai kemampuan hebat. Hari ini dia telah membuktikannya.”

Bahkan sebelum partarungan digelar, Eka Putra Wirya telah memprediksikan kalau Utut Adianto bakal memenangkan pertandingan dengan skor 1,5 – 0,5.

kinoy jackson