LSI: Hasil Pilkada Serentak 2018 Tak Berpengaruh ke Pilpres 2019

Kamis, 28 Juni 2018

DEKANDIDAT.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai, hasil perolehan suara di pilkada serentak tak akan banyak berpengaruh untuk Pilpres 2019. Hal demikian dilontarkan Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di sela-sela proses hitung cepat Pilkada Serentak yang dilakukan lembaga surveinya, Rabu (27/^0 petang, di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Kalau melihat situasi kemenangan kandidat di beberapa wilayah ini, apakah berpengaruh terhadap pilpres atau tidak? Sebenarnya memang tidak paralel kemenangan kandidat di wilayah ini ke pileg atau pilpres,” tukasnya.

Dia mencontohkan, perolehan suara yang bisa potensial bagi PDIP dan capres Jokowi, seperti Jabar, Jatim, Sumut, Kaltim, dan Kalbar. Namun ternyata suara PDIP di wilayah tersebut justru kalah dari lawannya.

“Secara data, PDIP adalah partai pemenang pemilu. PDIP juga punya capres yang begitu kuat (Jokowi). Tapi di beberapa daerah potensial malah kalah, seperti di Jabar, Jatim, Sumut, Kaltim, Kalbar. Tapi hasil ini menurut pengalaman kami tidak banyak berpengaruh pada pileg atau pilpres,” ujarnya menambahkan.

Diakuinya, sebagian partai menggunakan momen pilkada untuk pemanasan mesin politik menjelang pileg dan pilpres.

“Namun, pilkada serentak ini akan mempengaruhi koalisi Pilpres 2019. Contohnya, Pilgub Jabar dengan adanya koalisi antara PKS, PAN, dan Gerindra.”

“Kalau kita lihat dari peta koalisi pilkada, sebelum pendaftaran calon di Pilkada 2018 banyak dipengaruhi oleh situasi pola koalisi nasional. Misal Gerindra, PAN, dan PKS di beberapa wilayah besar bersatu karena memang Jawa jadi kunci,” tukasnya.

kinoy jackson