Kemenpora Pastikan Sepeda Nusantara 2018 Lebih Menantang

Jumat, 8 Juni 2018

DEKANDIDAT.COM – Meskipun hanya dihelat di 70 titik, program andalan Kemenpora, Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang pada 2018 telah bermetamorfosa menjadi Sepeda Nusantara dipastikan bakal berlangsung meriah dan lebih menantang.

Demikian dikatakan Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora, Teguh Raharjo, Jumat (8/6) siang, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Kalau saat Gowes Pesona Nusantara yang digelar di 90 titik, ritual pengambilan Tanah dan Air selalu dilakukan di tiap daerah, maka tak demikian dengan Sepeda Nusantara 2018. Di tiap daerah akan ada hal-hal menarik yang bisa ‘dijual’. Lihat saja nanti,” ujar Teguh Raharjo.

Dijabarkan, kalau pada GPN, Tim Touring GPN hanya menempuh jarak sekitar 5.000 km, maka saat mengikuti Sepeda Nusantara 2018, jarak yang akan ditempuh sejauh 6.700 km.

“Jarak sejauh itu dimulai dari Gelora Bung Karno pada 13 Mei lalu dan akan berakhir 18 November di Bali,” ujarnya.

Melalui Sepeda Nusantara, Kemenpora ingin mengajak masyarakat Indonesia menjadi sehat.

“Bersepeda adalah olahraga murah meriah. Dengan bersepeda, kita mengajak masyarakat Indonesia menjadi sehat.”

Sepeda Nusantara 2018 melintasi 137 kabupaten di 34 provinsi di Tanah Air. Program ini juga melewati lima pulau besar Indonesia, dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, hingga Papua.

Sebelumnya Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta berani memastikan bahwa rute yang akan ditempuh Sepeda Nusantara bakal lebih menantang.

“Rute Sepeda Nusantara 2018 ini lebih menantang dibanding sebelumnya. Sekaligus, untuk mengeksplorasi keekayaan alam, budaya, kuliner, dan sebagainya dari Indonesia. Selain itu, peserta juga dapat mengenal lebih jauh tentang segala hal tradisional dari nusantara dan barang-barang yang unik,” Isnanta.

Pihak Kemenpora juga menyediakan grandprize bagi peserta untuk lebih menyemarakkan suasana. Tidak tanggung-tanggung, terdapat hadiah 5 paket umrah dan 5 paket wisata nasional.

Usai Ramadan, gelaran Sepeda Nusantara 2018 akan dimulai di Medan pada Minggu 8 Juli.

kinoy jackson